SHARE

Bumilampung.com – Rizal Irawan, ST, MT, terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) periode 2020-2024 pada Musyawarah Cabang II PPBI Tubaba.

Dalam sebuah kesempatan bersama Lampung News Paper, Minggu sore (28/6/2020) Rizal Irawan mengatakan bahwa, PPBI merencanakan akan menggelar pameran bonsai berskala nasional di Tubaba.

“Alhamdulillah organisasi PPBI Tubaba, selama ini berjalan. Di sejumlah event pameran, kita dari Tubaba ikut menampilkan berbagai jenis bonsai. Dengan begitu, silaturahmi dengan penggemar bonsai luar daerah juga terjalin dengan baik dan kita rencakan event Pameran skala nasional kedepan,” ungkapnya.

BACA JUGA  Dukungan Musa-Dito Terus Mengalir
IKLAN

Di Tubaba sendiri lanjutnya, PPBI juga pernah menggelar pameran bonsai meski masih skala lokal. Pameran atau kontes bonsai tingkat nasional akan menjadi program kita. Mudah-mudahan tahun depan bisa dilaksanakan, karena memang butuh waktu untuk menyiapkannya.

“Seni bonsai adalah salah satu bentuk karya seni, sebab dalam proses pemeliharaannya sampai menjadi sebuah bonsai yang indah juga perlu didukung dengan kreasi pembuatnya,” jelasnya.

BACA JUGA  Bupati Lampung Utara Di OTT KPK, DPRD Lampura Akan Ambil Langkah Setelah Ada Pernyataan Dari KPK 

Menurut Rizal Irawan, semua proses bonsai mengandung seni dan kreasi, mulai dari penanaman, pemotongan, pemangkasan sampai dengan pemupukan dan penyiraman tanaman bonsai.

Utamanya,  membentuk akar, batang, dahan, sampai ranting tanaman sesuai dengan yang diinginkan memerlukan seni dan kreasi.

“Makanya, sejak pertama kali dikenal sampai saat ini bonsai tetap memiliki tempat tersendiri di hati penggemarnya,”pungkasnya.

BACA JUGA  Pemkab Lamteng Terus Gerakan Peningkatan Pasar Rakyat

Dikatakan lebih lanjut oleh Rizal bahwa, PPBI Tubaba prinsipnya selalu membuka diri terhadap siapa saja yang ingin bergabung dalam wadah para penggemar bonsai di Bumi Ragemsai Mangri Wawai.(SANUR)

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here