BERBAGI

LAMPUNG SELATAN.Wakil Bupati Lampung selatan Nanang Ermanto, menjadi pemimpin upacara pada Peringatan hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), yang dirangkai dengan launching Gerakan Nasional Orang Tua Membaca Buku (Gernas Baku) dan peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXII tahun 2018.

Upacara yang dipusatkan di lapangan Kopri, Pemkab Lampung Selatan, Rabu (2/5), dihadiri Fokorpimda, Sekretaris Daerah beserta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab Lampung Selatan.

Dari Pantauan Bumilampung,co.id, selain ASN, dalam upacara itu tampak juga ratusan pelajar, dari tingkat SD, SMP dan SMA, serta mahasiswa, hingga Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Lampung Selatan.

BACA JUGA  Antisipasi Virus Covid-19 Nanang Ermanto, Himbau Petugas Pelabuhan Bakauheni Periksa Suhu Tubuh Penumpang Kapal
IKLAN

pada kesempatan itu, Nanang Ermanto mengatakan, tanggal 2 Mei merupakan hari yang penting bagi dunia pendidikan. Didalam peringatan itu, katanya, penuh dengan makna, inspirasi, dan motivasi dalam memajukan peradaban nasional melalui pengembangan SDM.

“Dalam pengembangan sumber daya manusia, pendidikan, memegang peranan kunci. Peranan pendidikan tinggi sebagai terminal akhir dalam jenjang pendidikan formal disemua tingkatan amatlah strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” kata Nanang saat menyampaikan sambutan Bupati Lampung Selatan.

Nanang melanjutkan, di dalam pendidikan  tinggi terdapat keharusan melakukan riset untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi demi kesejahteraan masyarakat. Sebab katanya, banyak negara-negara maju di dunia berupaya keras dalam memajukan pendidikan tingginya, baik dalam lingkup riset, teknologi, dan inovasi.

BACA JUGA  Bupati Winarti Minta Pendamping PKH Dapat Bekerja Maksimal Layani Masyarakat

“Bagi mereka, keberadaan riset amat penting dalam menyokong kesejahteraan masyarakatnya. Riset yang bermuara pada inovasi menjadi daya ungkit perekonomian bangsa. Permasalahannya, perguruan tinggi yang seharusnya menjadi kawah candradimuka penelitian justru belum begitu tampak hasilnya,” katanya.

Dirinya berharap, masyarakat tidak memandang pendidikan tinggi hanya dilihat sebagai sebuah jenjang untuk melanjutkan studi setelah menuntaskan bangku sekolah menengah. “Tetapi, hal ini menjadi tantangan yang harus kita hadapi bersama saat ini, dimana pendidikan tinggi belum menjadi sebuah agenda publik masyarakat,” kata Nanang menambahkan.

BACA JUGA  Sempat Diputus Kontrak Sepihak, CV. Mahaka Elektrik Tetap Dapat Proyek di Kota Metro

Selanjutnya, didampingi Fokorpimda, Sekretaris Daerah Lampung Selatan, serta Kepala Dinas Pendidikan Lampung Selatan, Nanang Ermanto melakukan lauching Gerakan Nasional Orang Tua Membaca Buku (Gernas Baku) yang ditandai dengan pemukulan gong.

Melalui gerakan membaca buku tersebut, Nanang berharap para orang tua dapat lebih sering meluangkan waktunya untuk membacakan buku bagi anak-anaknya. Sebab katanya, gerakan itu dapat mempererat hubungan sosial-emosional antara anak dan orang tua.

“Ini adalah gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak sejak usia dini melalui pembiasaan dirumah, di satuan PAUD dan di masyarakat,” kata mantan anggota DPRD Lampung Selatan dua periode ini”(Liem/red1).

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here