BERBAGI

Bumilampung.com – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Pringsewu Lampung merupakan salah satu institusi kesehatan yang berada di Kabupaten Pringsewu, Lampung, yang telah terakreditasi B.

Serta memiliki empat prodi yaitu S1 Ilmu Keperawatan Jenjang Profesi, S1 Ilmu Keperawatan Jenjang Sarjana, D3 Keperawatan dan D3 Kebidanan.

Setiap perguruan tinggi pasti memiliki tujuan atau yang kita sebut visi, seperti STIKes Muhammadiyah Pringsewu yang memiliki visi yaitu menjadi penyelenggara pendidikan tinggi kesehatan yang islami, professional, unggul, berkemajuan dan berorientasi global cara untuk mencapai visi tersebut maka STIKes Muhammadiyah Pringsewu, melakukan kerja sama dengan beberapa istitusi di luar negeri.

IKLAN

Istitusi di luar negeri tersebut diantaranya adalah Monash University, Victoria University, Holmesglen Institute yang berada di Australia, NTUNHS yang berada di Taiwan, Khon Kaen University, Baromarajonani College Of Nursing yang berada di Thailand, MAHSA University yang berada di Malaysia serta tujuh institusi lainnya yang berada di Philipina.

BACA JUGA  Nanang Ermanto Minta, Perusahaan PT Semen Di Katibung Peduli Kepada Korban Banjir

Sejarah awal mula STIKes Muhammadiyah Pringsewu menjalin bekerjasama dengan institusi lain yaitu dimulai dari visi STIKes Muhammadiyah dan juga komitmen STIKes Muhammadiyah yakni untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi.

Salah satu cara untuk mencapai visi dan komitmen tersebut maka STIKes Muhammadiyah Pringsewu bekerjasama dengan institusi terutama pada institusi di luar negeri. Institusi luar negeri yang pertama dijalin kerjasamanya oleh STIKes Muhammadiyah Pringsewu yaitu Cebu Normal University dan enam institusi lainnya yang terletak di Philipina selanjutnya STIKes Muhammadiyah Pringsewu melebarkan kerjasamanya ke Thailand dan bekerja sama dengan dua institusi di sana yakni Khon Kaen University, Baromarajonani College Of Nursing setelah itu STIKes muhammadiyah pringsewu juga melebarkan kerjasamanya dengan Negara Malaysia yakni dengan MAHSA University.

BACA JUGA  Tokoh dan ASN Berprestasi dapat Umroh Gratis

Untuk mewujudkan keseriusan STIKes Muhammadiyah Pringsewu menjalin kerjasamanya dengan perguruan tinggi MAHSA University maka diadaknnya kegiatan fieldtrip.

Fieldtrip adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh sebuah kelompok mahasiwa ke tempat yang jauh dari lingkungan mereka dengan tujuan untuk memberikan pengalaman dan wawasan kepada mahasiswa.

Pada bulan November 2018 lalu, kami semester 5 S1 Ilmu Keperawatan Jenjang Sarjana angkatan 8 melakukan fieldtrip yang dilakukan setahun sekali, namun kegiatan ini baru dilaksanakan sebanyak 2 kali pada prodi s1 Ilmu Keperawatan Jenjang Sarjana.

BACA JUGA  Pelajar Dapat Hukuman Sekolah, Ortu Jangan Mudah Terprovokasi 

Kegiatan fieldtrip ini merupakan kunjungan ke institusi Luar Negeri yaitu kunjungan ke MAHSA university yang terletak di Selangor, Malaysia yang dimana acara tersebut berisikan seminar internasional, kunjungan kesebuah instansi pelayanan kesehatan, melakukan beberapa praktik keperawatan, melakukan study banding.

Namun tidak hanya itu acara fieldtrip ini juga berisikan kunjungan ke tempat-tempat bersejarah yang ada di Selangor, Malaysia seperti batu cave, galeri kuala lumpur dan lain-lainnya. Acara fieldtrip tersebut bertujuan agar meningkatkan serta menjadikan mahasiwa dan lulusan STIKes Muhammadiyah Pringsewu yang professional serta berorientasi global. (rls/asf)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here