BERBAGI

TULANGBAWANG – Bupati Tulangbawang (Tuba) Hj. Winarti, SE, MH, beserta jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten berjuluk Sai Bumi Nengah Nyappur, menghadiri Kongres Nasional Perdagangan Barang dan Jasa Online Tahun 2018 yang dilaksanakan di Malang Jawa Timur, Senin (27/8/18).

Pangeran Suri Bupati Tulangbawang, mengatakan bahwa kongres ini bertujuan untuk menghasilkan resolusi aturan dan pengurus bagi pelaku usaha online, perdagangan barang dan jasa online.

IKLAN

“Menurut Pak Presiden Jokowi, kita harus merancang sebuah resolusi perdagangan online, jadi tujuan kongres ini, membuat protokol resolusi yang tujuannya melindungi pelaku usaha online, dan hal ini dengan sigap rencananya Tanggal 1 September 2018 resolusi ini akan langsung dilaksanakan,” kata Bunda Winarti, sapaan akrab Bupati Tulangbawang menerangkan pesan-pesan yang disampaikan Presiden Jokowi.

BACA JUGA  PSHT Gelar Pengajian Akbar Halal Bihalal

“Selain itu, resolusi hasil kongres ini juga akan dibawa ke Kongres Internasional perdagangan barang dan jasa online di Jepang Tahun 2019 mendatang, karena mengingat kondisi saat ini kita dijajah oleh perdagangan online, sehingga jelas tujuan Kongres ini sangat berguna untuk mengatur tata cara perdagangan online,” imbuh orang nomor satu di Kabupaten Tulangbawang.

Sementara, sambungnya, tujuan rencana ditandatanganinya resolusi bertujuan untuk melindungi masyarakat dari kegiatan-kegiatan perdagangan online, karena Daerah akan dapat membuat aturan berdasarkan protokol resolusi yang dilaksanakan hari ini.

“Kendati begitu, Kongres ini tidak berafiliasi ke merk dagang tertentu. Hanya saja agar masyarakat (bangsa Indonesia) bisa melawan besarnya arus dan kuatnya pengaruh online. Jadi begitulah beberapa hal yang disampaikan Pak Jokowi kepada kita, jadi kita harus siap menyambutnya,” tukas Bupati Gotong Royong tersebut.

BACA JUGA  LSM LEDAK Minta Penegak Hukum Usut Dugaan Pungli Prona

“Maka Kongres ini sangat penting, karena mampu menyatukan langkah Pemerintah dan swasta dalam bergotong royong melakukan pengelolaan perlindungan konsumen. Sejalan instruksi Bapak Presiden Jokowi untuk mendahulukan kepentingan rakyat,” ujar Bunda.

Adapun dalam kegiatan ini pula, menjadi pembicara dari Bank Indonesia yakni Novi Cahyono, Asisten Direktur Divisi pengembangan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), dan Kongres dibuka oleh Ketua SC Nanang Nilson SH MH, (Presiden LPKNI) Ketua SC, Perwakilan Indonesia di Geneva Swiss.

BACA JUGA  Mediasi Masalah TBG Temui Jalan Buntu, Warga Mendeadline Perusahaan Tower 10 Hari

Lalu dari Departemen Dalam Negeri diwakili oleh Reydonnyzar moenek, yang merupakan Plt. Sahmendagri Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik dan Wakil Gubernur/Wakil Rektor IPDN.

Sisi lain, dalam kegiatan yang dihadiri Bupati Bergerak Melayani Warga (BMW) Tulangbawang Hj. Winarti SE MH, dirinya didampingi sejumlah pejabat dilingkup Pemkab Tulangbawang, mulai dari Ispektur Inspektorat Dr. Pahada Hidayat SH MH, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Dra. Desia Kusumayuda M.Si, Kadis Perhubungan Drs. Tuhir MIP, Kadis Kominfo Gunawan S.Sos, Sekretaris DPMPK Dedi Palwadi AP MM, dan pejabat lainnya. (adv)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here