Kebakaran Pasar Natar, Kerugian Capai Puluhan Miliar

BERBAGI

LAMPUNG SELATAN – Kebakaran hebat menghanguskan pusat perbelanjaan Pasar Natar di Jalan Lintas Sumatera, dekat jembatan fly over Natar, Lamsel, Sabtu (17/2) sekitar pukul 21.00 sabtu malam.

Dalam kebakaran tersebut, hampir separuh kios di bagian belakang hangus terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun kerugian ditaksir mencapai puluhan miliar rupiah, mengingat banyaknya barang dagangan yang tak sempat diselamatkan. Dalam musibah kebakaran tersebut, hampir sebanyak 50 kios terbakar.

Untuk menjinakan api yang berkobar kencang, puluhan mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Lampung Selatan, Bandar Lampung, Pemprov Lampung, Bandara Radin Inten II, diterjunkan.

IKLAN

Di lokasi petugas damkar agak kesulitan memadamkan sejumlah titik api karena sempitnya lokasi, sehingga akses mobil pemadam kebakaran sulit menjangkau titik api.

Petugas pemadam kebakaran baru bisa menjinakan api sekitar pukul 01.00 sementata itu pada Minggu pagi, ratusan pedagang tampak membereskan sisa kebakaran.

BACA JUGA  Peringati HKGB, Pengurus Bhayangkari Tuba Gelar Tes IVA dan Sadanis

Camat Natar, Koharudin, ditemui di lokasi mengatakan, kios yang terbakar berada di Blok G. Yang merupaka Kios milik pedagang ikan, sayuran, sembako, baju, dan minyak. Jumlahnya mencapai sekitar 500 kios.

Menurut dia, diduga api berasal dari kios penjual ikan, yang disebabkan adanya konsleting listrik. Saat kejadian ujarnya sejumlah pedagang mengaku mendengar ada ledakan saat api berkobar.

Senada juga di ungkapkan kepala pasar Natar Rohaida, menurut dia sumber api diduga berasal dari kios ikan. Kios kios yang terbakar itu jelasnya rata rata

milik pengembang, lahannya milik Pemkab Selatan.

Sementara itu kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Pemkab Lamsel Qoriliniwan mengungkapkan dugaan sementara kerugian akbat kebarakan tersebut mencapak Rp.16 miliar.

BACA JUGA  Sejumlah Tokoh Masyarakat Lamsel Bangga Dapat Kunjungan Bupati Lamsel

Langkah yang akan di ambil pihaknya, pertama memindahkan para pedagang ke tempat yang baru. Kedua, memanggil pihak pengembang pasar yakni PT Halita Prima jaya dan CV Realita agung mengingat hak guna pakai kios yang terbakar masih tersisa 7 tahun lagi.

Selanjurnya pihaknya juga akan koordinasi dengan kementrian perdagangan untuk membantu para pedagang yang kiosnya habis terbakar.

” Langkah langkah itu secepatnya akan kita lakukan, mudah mudahan dalam waktu dekat semua bisa terselesaikan ” kata dia.

Wakil Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, beserta sejumlah pejabat pemkab Lamsel langsung meninjau lokasi Pasar Kecamatan Natar yang terbakar , Minggu (18/2/2018).

Di kesempatan itu Nanang mengintruksilan agar instansi terkait langsung dapat membersihkan puing puing sisa kebakaran.

BACA JUGA  2017 Realisasi PBB Lamsel Tercapai 73,1 Persen

“Saya minta besok (senin, Red), sisa-sisa kebakaran ini sudah harus dibersihkan,” kata Nanang.

Kepada para pedagang yang kiosnya terbakar Nanang meminta agar segera di pindahkan ketempat yang baru, agar mereka masih bisa beraktifitas. Ia pun menekankan supaya pemindahan pedagang tidak di pungut biaya.

“Segera pindahkan para pedagang ketempat yang baru, dan jangan sampai ada pungutan biaya, bantu merka dengan ikhlas,” ujar Politikus Partai PDI.P. ini

Orang nomor dua di Kabupaten Lamsel ini juga meminta, satker terkait agar menyediakan tempat tempat yang bersih untuk para pedagang yang terkena musibah’ Kalau masih kotor secepatnya untuk dibersihkan.

“Saya minta lokasi pasar penampungan harus dibersihkan secepatnya agar para pedagang ini bisa terus beraktifitas,” pinta dia. (lim/asf)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here