BERBAGI

Bumilampung.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro, Lampung meminta pemerintah kota (Pemkot) setempat segera menindaklanjuti rusaknya sejumlah akses jalan dan jembatan yang rusak.

Menurut Ketua Komisi I DPRD Kota Metro Basuki, cuaca ekstrim yang akhir-akhir ini terjadi harus segera disikapi. Demikian dengan peristiwa longsor akses jalan dan jembatan yang terputus. Sehingga tidak mengganggu aksesibilitas masyarakat.

BACA JUGA  Pemkot Metro Serahkan Bantuan Hibah untuk Rumah Ibadah se-Kota Metro

Ia menilai, dalam menyikapi longsor, ambrol, atau jembatan rusak, ekskutif bisa menggunakan dana dari pos bencana. Terlebih dana tersebut sudah dipersiapkan untuk mengatasi persoalan yang krusial.

IKLAN

“Kan ada dana bencana, itu sementara bisa digunakan untuk mengatasi masalah bencana ini. Jangan hanya menunggu provinsi, karena pasti akan lama. Kalau bisa menggunakan dana bencana kenapa tidak,” ujarnya, Selasa (19/5/2020).

BACA JUGA  Truk Bermuatan Oli Bekas Terbakar Di Jalan Lintas Sumatra

Selain itu, pemkot juga harus mengantisipasi masalah banjir ini dengan mengingatkan masyarakat untuk menjaga kebersihan. Serta melakukan pengerukan tanah di aliran sungai agar air lancar mengalir.

“Karena saat curah hujan tinggi, maka sungai akan meluap. Akibatnya air akan meluap ke daratan dan mengakibatkan banjir. Apalagi bagi lokasi yang rendah. Sudah tentu akan jadi musibah. Jadi harus segera,” ungkapnya. (adv)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here