SHARE

Bumilampung.com – Kementerian Kalautan dan Perikanan (KKP) RI yang bekerja sama dengan Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin SE, menggelar safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), di Desa Kemukus, Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan, Kamis (02/07/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi SDM Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi Ir. Elvi Wijayanti, M.Sc.

Selain itu, hadir pula Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden RI Dr. Alan Koropitan, S.Pi, M.Si, Dirjen Perikanan dan Budidaya KKP RI Dr. Ir. Slamet Sobjakto, M.Si, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Ir. Abdul Muis, M.Si.

IKLAN

Pada kesempatan itu, masyarakat Lamsel mendapatkan bantuan berupa olahan ikan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, melalui Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin SE.

BACA JUGA  DPRD Mesuji GelarĀ Paripurna Terkait Rekomendasi DPRD TerhadapĀ Laporan LKPj Bupati

Selain olahan ikan, KKP juga memberikan bantuan berupa klaster budi daya udang, excavator, pitap benih ikan, bibit rumput laut, premi asuransi dan Boiflok, senilai 8,135 Milyar kepada Pemkab setempat. Hal itu guna mendukung dan memajukan budidaya perikanan yang ada di wilayah Lampung Selatan.

Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto mengatakan bahwa, Gemarikan ini merupakan upaya pemerintah untuk mengempanyekan kepada masyarakat akan pentingnya makan ikan setiap hari.

Sebab dikatakannya, dengan memakan ikan setiap hari dapat meningkatkan imunitas tubuh menjadi lebih kuat, sehingga dapat mencegah stunting atau pertumbuhan gagal pada anak.

“Kemarin, Pemkab Lamsel juga telah berkomitmen bersama dalam pencegahan stunting. Untuk itu, mari kita sama-sama membiasakan makan ikan,” ujar Nanang.

Menurut Nanang, Lamsel memiliki potensi sumber daya perikanan yang cukup melimpah. Untuk itu, melalui giat Gemarikan ini, ia mengajak masyarakat bersama-sama menjadikan sektor perikanan sebagai salah satu peluang untuk dikembangkan.

BACA JUGA  Di Periksa Petugas Gugus Tugas Covid-19, Nanang Ermanto Senang

“Ikan ini salah satu bahan makanan yang mengandung protein tinggi. Dan hal yang paling penting adalah harganya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan sumber protein lainnya,” kata Nanang.

Diakhir sambutannya, Nanang mengucapkan terima kasih kepada Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin SE, serta tim rombongan atas bantuan dan dukungannya dalam menekan angka stunting di Kabupaten Lampung selatan.

“Semoga dengan adanya bantuan ini, benar-benar dapat dirasakan manfaatnya dalam upaya memasyarakatkan makan ikan di Lampung Selatan,” imbuhnya.

Semantara itu, Dirjen Perikanan Budidaya KKP RI, Dr. Ir. Slamet Sobjakto, M.Si mengatakan, bantuan yang diberikan tersebut merupakan perjuangan dari Ketua Komisi IV DPR RI. Hal itu juga didukung dengan keberadaan tambak yang cukup luas di Lampung Selatan.

BACA JUGA  Tahun 2020 Kecamatan Katibung Dapat Anggaran Rp47,7 Milyar.

“Kami akan menjadikan Lampung Selatan menjadi percintaan bagi daerah-daerah lain, karena Kabupaten ini memiliki potensi yang sangat bagus,” ujarnya.

“Untuk itu kami memohon bantuan dan dorongan dari Ketua Komisi IV DPR RI agar Kabupaten Lampung Selatan dapat mengembangkan Budidaya Perikanan dan Kelautannya,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin SE, menilai, bahwa Kabupaten Lampung Selatan mempunyai komitmen dalam pembangunan di daerahnya. Oleh sebabnya, bantuan tersebut sudah sepatutnya diberikan.

“Bupati yang saya kenal dari dulu hingga sekarang, Pak Nanang Ermanto ini sangat komitmen dengan Pembangunan Daerahnya. Dari dulu hingga sekarang tidak pernah berubah. Jadi kalau nanti bupatinya bukan Nanang bantuannya gak sebesar ini,” ujar Sudin seraya melempar senyum. (frd)

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here