BERBAGI

Bumilampung.com –┬áBalai Pelatihan Pertanian (BPP) Lampung mengakomodir 60 peserta petani muda milenial asal Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, untuk mendukung Program Pemerintah yaitu selamatkan rawa untuk Sejahterakan Petani (SERASI) Selasa, 22 Januari 2019.

Kementerian Pertanian telah memfasilitasi petani dengan bantuan alat dan mesin pertanian yang dibutuhkan para petani, untuk menekan ongkos produksi, sehingga diharapkan akan meningkatkan produktivitas padi di lahan rawa dan akhirnya kesejahteraan keluarga tani meningkat.

BACA JUGA  Komitmen Enesis Group untuk Konsisten Inovasi Hadirkan Tiga Produk

Dadan Sunarsa, Kepala BPP Lampung melakukan trobosan dengan menyelenggarakan kegiatan pelatihan optimalisasi pemanfaatan Alsintan yang diselenggarakan di BPP Muara Talang Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan.

IKLAN

Pelaksanaan pelatihan optimalisasi pemanfaatan Alsintan yang diikuti oleh 60 orang petani milenial, yang berasal dari tiga desa. Diantaranya, Desa Telang Rejo, Desa Telang Karya dan Desa Talang Makmur.

BACA JUGA  Asik, BPP Lampung Mau Panen Melon di Bulan Ramadhan

“Kegiatan tersebut dibagi menjadi dua angkatan yaitu angkatan pertama optimalisasi pemanfaatan alsintan berupa Traktor Roda Empat (TR4) dan Combain Harvester sedangkan angkatan kedua optimalisasi Pemanfaatan berupa Excavator,” ujar Dadan.

Pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mencetak para petani milenial menjadi operator alat mesin pertanian yang handal, sehingga kesenjangan jumlah alsintan dan SDM operator berkurang. Dan akhirnya percepatan tanam dan panen tercapai dengan adanya operator baru.

BACA JUGA  PJ. Sekdaprov Serahkan Bantuan Rp.330,5 Juta untuk Korban Tsunami

Dadan juga menambahkan, dengan kegiatan diklat ini akhirnya sangat diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan petani sesuai dengan Program SERASI dari Kementrian Pertanian. (rls/asf)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here