BERBAGI

LAMPUNG SELATAN. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Selatan menggelar sosialisasi deteksi dini penyakit tidak menular (PTM), melalui program Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu PTM), yang digelar di Aula Dinkes setempat, Senin (30/4).

Sosialisasi dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteran Rakyat (Kesra) Supriyanto, S.sos, MM, dengan narasumber, dr. Sri Aryanti, MM, M.Kes Kepala Seksi PTM dan Kesehatan Jiwa (Keswa) Dinkes Provinsi Lampung.

BACA JUGA  Cegah Penyebaran Covid-19 ,Tim Gugus Dan Uspika Kecamatan Kalianda Gelar Razia Masker

Di kesempatan itu, Supriyanto menyampaikan, program pengendalian penyakit tidak menular dan faktor resikonya dilaksanakan mulai dari upaya pencegahan, deteksi dini, pengobatan, sampai dengan upaya rehabilitasi.

saat ini kata dia, prevalensi penyakit tidak menular seperti hipertensi, jantung, stroke, diabetes militus, dan kanker terus meningkat, karenanya, perlu dilakukan kegiatan promotif dan preventif.

BACA JUGA  Rumah Sakit Bob Bazar Mencatat Sudah 75 Korban Meninggal Akibat Tsunami

Upaya ini jelas dia, dapat dilaksanakan dengan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan Posbindu yang dilaksanakan oleh kader terlatih.

“Posbindu ini dimaksudkan sebagai kegiatan screening untuk memilah masyarakat yang sehat, beresiko, dan masyarakat yang sakit. Saat ini, kegiatan Posbindu telah dilaksanakan oleh kader di beberapa desa di wilayah Lampung Selatan,” kata Supriyanto.

BACA JUGA  Anggota DPRD Rahmat Mirzani Gelar Sosper AKB

Melalui kegiatan deteksi dini itu, dia berharap, bagi masyarakat yang sehat untuk dapat dipertahankan agar tetap sehat, dan yang beresiko diupayakan agar kondisi faktor resiko peyakit tidak menularnya dapat normal kembali. Sementara bagi yang sudah menyandang PTM untuk mencegah komplikasi, kecacatan, dan kematian dini serta meningkatakn kualitas hidup.( Liem/ Red1).

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here