BERBAGI

Lamsel – Bunda PAUD Kabupaten Lampung Selatan Hj.Winarni Nanang Ermanto menghadiri sekaligus membuka secara resmi Workshop Implementasi

Pembelajaran Paradigma Baru Melalui Gerak dan Lagu Bagi Tenaga Pendidik Anak Usia Dini Se-Kabupaten Lampung Selatan, Senin (15/3/2022).

Workshop yang dilaksanakan di Aula Rajabasa Pemkab setempat, menghadirkan Narasumber Sinung Widodo dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Rebuplik Indonesia, yang juga merupakan pencipta lagu anak dan praktisi PAUD.

Turut hadir dalam acara tersebut, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Lampung Selatan Asep Jamhur, Ketua GOPTKI Yani Thamrin, Ketua Himpaudi Dyah Atik Citra Rukmi, Ketua IGTKI Supriati, segenap penilik PAUD di lingkungan Dinas Pendidikan Lamsel serta para tenaga pendidik PAUD se-Lampung Selatan.

Dalam arahannya, Winarni sangat mengapresiasi dan mendukung atas terselenggaranya Workhsop ini, menurutnya pembelajaran paradigma baru dengan gerak dan lagu akan membuat pembelajaran semakin menarik, karena materi yang disampaikan dilakukan sambil bermain, bernyanyi dengan gerakan dan lagu.

BACA JUGA  Ini Harapan Nanang Ermanto Saat Musrenbang di Kecamatan Kalianda

“Saya sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan Workshop ini, dengan harapan dapat dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada anak didik melalui gerak dan lagu sebagai media pembelajaran,” terangnya.

Bunda Paud Kabupaten Lampung Selatan yang akrab disapa bunda Win ini menjelaskan, dengan gerak dan lagu membuat anak menjadi sehat serta gembira dan menjadikan anak didik lebih kreatif, inovatif, berkarya dengan berimajenasi secara bebas dalam memecahkan masalah.

“Para bunda di Lembaga Pendidikan masing-masing saya mengajak kepada para tenaga pendidik Paud, agar terus berupaya untuk mengembangkan potensi anak didiknya, sehingga tumbuh kembang anak akan terus mengalami peningkatan aktivitas dan kreatifitasnya,” ajak Winarni.

Pada kesempatan sama, Ketua Himpaudi Dyah Atik Citra Rukmi melaporkan, kegiatan Workshop Pembelajaran melalui gerak dan lagu secara keseluruhan diikuti sebanyak 563 tenaga pendidik dengan rincian peserta yang hadir terdiri dari 404 anggota Himpaudi, 58 anggota IGTKI PGRI dan 6 dari RA.

BACA JUGA  Angka Kematian Akibat Covid -19 di Lamsel Capai 7,8 Persen

“Kegiatan Workshop terbagi dalam 3 sesi yakni sesi pertama pada pagi hari, sesi 2 akan dilaksanakan siang nanti hingga sore, dan sesi 3 akan dilaksanakan esok hari,” jelasnya.

Sementara, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kab. Lampung Selatan Asep Jamhur mengemukakan dukungan Dinas Pendidikan terhadap Workhsop Implementasi Pembelajaran melalui gerak dan lagu yang diselenggarakan Himpaudi Kab. Lampung Selatan ini.

“‌Dinas Pendidikan Kab. Lampung Selatan sangat mengapreasiasi dan mendukung penuh serta mengucapkan terimakasih kepada Himpaudi yang telah menyelenggarakan workshop pembelajaran paradigma baru melalui gerak dan lagu.

“‌Harapan kami kegiatan ini dapat menambah wawasan kepada para peserta tenaga pendidik dalam mengimplementasikan di lembaga masing-masing yang ada di Lamsel,” terangnya.

BACA JUGA  Usai di Sidak Wakil Bupati Lamsel, Sampah Dermaga Bom Langsung di Bersihkan

Ia menyebut, pembelajaran paradigma baru melalui gerak dan lagu, dapat mempengaruhi dan mengendalikan pusat saraf serta membantu anak untuk lebih mengembangkan kecerdasannya tidak hanya pada aspek pengembangan kognitif, bahasa dan emosionalnya saja, tetapi juga pada pengembangan seni dan fisik anak.

“Manfaat pengembangan gerak dan lagu untuk anak-anak sangatlah penting untuk melatih motorik kasar pada anak-anak untuk pengembangan mengolah tubuh, mengontrol tubuh terutama kecerdasan kinestetik bagi anak usia dini,” tambahnya.

Selain Itu, berdasarkan data yang disampaikan Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kab.Lampung Selatan terangkum jumlah Paud yang sudah memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) yang ada di Lampung Selatan sebanyak 714 Lembaga.

“Adapun jumlah pendidik Paud, data yang dimiliki Dinas Pendidikan Kab Lampung Selatan sebanyak 2.585 Tenaga Pendidik (Tendik),” tutup Asep. (Hy/lim).

 

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here