BERBAGI
Hamartoni Ahadis

Lampung Utara; Sejumlah partai politik dan tokoh masyarakat menyebutkan sosok nama Hamartoni Ahadis

sebagai kandidat Bakal Calon Bupati (Bacabup) Lampung Utara yang layak memimpin kabupaten setempat kedepan.

Lalu seperti apa sosok Hamartoni sang birokrat senior ini?. Bapak tiga anak ini lahir di Kotabumi pada 09 Februari 1964 dan besar di Kotabumi hingga tamat SMA. Ia tercatat sebagai alumni di SD Negeri 9 Kotabumi, SMP 2 Kotabumi dan SMA Negeri Kotabumi.

Kemudian Hamartoni melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, yakni S1 Sarjana Budidaya Pertanian Universitas Lampung, Magister Sain Agribisnis Universitas Lampung dan Doktor Ilmu Lingkungan Pasca Sarjana Universitas Lampung.

Pengalaman Pekerjaan, Hamartoni mengawali jabatannya di pemerintahan sebagai Kasubsie. Bimbingan Kelompok Tani Dinas Pertanian Kabupaten Lampung Utara Gol. III b Esselon. V b (2000 – 2001).

Kemudian menjadi Kabid. Penelitian dan Pengembangan BAPEDA Kabupaten Lampung Utara Gol. V a Esselon. III a (2002 – 2004).

Kariernya semakin meningkat ia dipercaya sebagai Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Lampung Utara Gol. IV b Asselon. II b (2004 – 2010). Kemudian bergeser sebagai Kepala BAPEDA Kabupaten Lampung Utara Gol. IV c Asselon. II b (2010 – 2011).

Setahun menjabat, ia kembali bergeser sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Lampung Utara Gol. IV c Asselon. II b (2011 – 2014).

Kemudian karier Hamartoni semakin moncer. Dia dipercaya menjalankan amanah sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Utara Gol. IV c Asselon. II b (2014). Jabatan Sekda merupakan jabatan karir tertinggi untuk ASN ditingkat Kabupaten/Kota.

Kemudian, usai menduduki posisi sebagai Sekda di Lampung Utara, Hamartoni melenggang ke Provinsi. Disana ia mendapat jabatan sebagai Asisten IV Sekretariat Pemprov Lampung Gol. IV c Esselon. II a (2014) .

BACA JUGA  Mapanca Lampung Minta Cabut PP 57/2021

Selanjutnya berpindah sebagai Asisten III Sekretariat Pemprop Lampung Gol. IV d Esselon. II a (2014 – 2018). Empat tahun sebagai Asisten III, pimpinan kemudian mempercayaiinya menduduki jabatan sebagai Pj. Sekretaris Daerah Pemprov Lampung Gol. IV d Esselon. II a (2018 – 2019) .

Lalu menjabat Kepala Inspektorat Propinsi Lampung Gol. IV d Esselon. II a (2019) dan terakhir menjabat sebagaibKepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pemprop Lampung Gol. IV d Esselon. II a (2019 – 2024) hingga pensiun.

Kini setelah kurang lebih 30 tahun sebagai abdi negara, mantap pejabat eselon II Pemprov Lampung ini akan terjun kedunia politik. Berkat dorongan berbagai pihak, dan pangggilan hati demi tanah kelahirannya agar lebih baik, ia pun terpanggil. Ia kini telah siap mencalonkan diri sebagai kandidat Bupati Lampung Utara untuk mengikuti kontestasi Pilkada pada November mendatang.

Lima Petinggi Parpol Lakukan Pertemuan

Lima petinggi partai politik di Lampung Utara sebelumnya melakukan komunikasi di kediaman salah satu tokoh masyarakat, Ansyori Sabak. Para pimpinan parpol itu bertemu membahas soal sosok calon bupati Lampung Utara.

Kelima pimpinana partai politik itu adalah, Ketua DPD PKS Lampung Utara, M. Nuzul Setiawan, Ketua DPD PAN, Hamidi, Ketua DPC Partai Demokrat, Wansori, Ketua DPD Partai Nasdem, Imama Suhada dan ketua DPC PDI Perjuangan, Yosi Rizal.

Dari lima pimpinan partai politik itu dua partai secara terbuka menyatakan kesiapannya untuk mendukung Hamartoni Ahadis untuk menjadi pemimpin di kabupaten Lampung Utara. Kedua partai ini adalah DPC Partai PDI Perjuangan dan DPD PAN.

” Ini adalah pertemuan yang baik, dengan kebersamaan dan kesamaan mudah-mudahan untuk kebaikan Lampung Utara kedepan kita memiliki sosok yang dianggap yang terbaik yakni saudara Hamartoni, Insya Allah PDI Perjuangan akan mengusung Hamartoni maju dalam Pilkada mendatang,” ujar ketua DPC PDIP Lampung Utara, Yose Rizal.

BACA JUGA  Pelabuhan Bakauheni di Dermaga 1 Tak Ada Yang Mengatur Kendaraan

Sementara Ketua DPD PAN Lampung Utara, Hamidi menyebut sosok Hamartoni adalah sosok atau figur yang dinanti-nantikan. Bahkan secara pribadi maupun partai, Hamidi menyatakan bahwa Lampung Utara membutuhkan sosok seperti Hamartoni untuk memimpin Lampung Utara kedepan.

”Hari ini kita sudah bertemu dengan vigur yang terbaik dan Insya Allah kita bisa merumuskan yang baik menjadi yang terbaik. Insya Allah DPD PAN Lampung Utara akan mengusung Hamartoni menjadi Bupati Lampung Utara kedepan,” ujar Hamidi.

Ditempat yang sama, Ketua DPD PKS Lampung Utara, Nuzul Setiawan mengatakan saat ini PKS sedang melakukan tiga tahapan penjaringan di internal partai yakni penjaringan calon bupati dan wakil bupati.

”Dari beberapa hasil yang telah kita ketahui, terdapat nama – nama yang muncul salah satunya adalah Bapak Hamartoni,” kata Nuzul.

Ketua DPD Nasdem Lampung Utara, Imam Syuhada mengungkapkan komunikasi yang dilakukan sejumlah petinggi-petinggi partai ini merupakan pola baru politik. Dimana selama ini cara politik dilakukan di tempat ‘gelap’ dan ini sebuah gambaran dan pemikiran serta sikap yang sangat baik untuk menatap Lampung Utara kedepan.

”Apapun redaksinya yang pasti kedepan harus sepakat dengan Bung Ton (sapaan Hamartoni). Lampung Utara harus menjadi lebih baik, oleh karena itu saya secara pribadi menyatakan clear karena sosok Hamartoni di idolakan untuk menjadi pemimpin,” kata Imam Syuhada.

BACA JUGA  Pencuri Kotak Amal Masjid Al Ikhlas Terekam CCTV

Sementara Ketua DPC Partai Demokrat Lampung Utara, Wansori mengaku dirinya sudah mengenal sosok Hamartoni cukup lama. Kendati demikan dalam pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati mendatang pihaknya juga melakukan hal yang sama yakni membuka penjaringan terbuka yang dilakukan sejak 29 April hingga Mei 2024.

Wansori mengatakan, DPC Partai Demokrat tengah menggodok penjaringan pendaftaran. Meskipun semua keputusan berada di DPD dan DPP. Namun, keduanya tetap mengerucut kepada pertimbangan DPC.

”Hamartoni sendiri sudah mengambil formulir pendaftaran di DPC Partai Demokrat. Kita lihat keseriusan beliau untuk mengawal proses mekanisme di Demokrat sampai ke DPD dan DPP,” ucap Wansori.

Diketahui Hamartoni Ahadis telah mendaftar dan mengembalikan berkas pencalonan sebagai Bakal Calon Bupati Lampung Utara kepada lima partai politik. Kelima partai itu yakni, PDIP, Nasdem, PAN, PKB dan Partai Demokrat.

Ansyori Sabak salah satu tokoh masyarakat menyebut Hamartoni sangat berpengalaman dalam  bidang birokrasi.

Lampung Utara, menurut dia, memerlukan sosok atau figur seorang pemimpin yang mau mengabdikan dirinya dengan sepenuh hati, ikhlas dan tanpa pamrih, untuk membangun daerah ini dari semua sektor yang ada.

Karena itu, menurut dia, hal itu ada dalam diri Hamartoni dan menurut dia, Ia layak diberikan kepercayaan untuk memimpin Lampung Utara lima tahun kedepan.

Hamartoni menyampaikan terimakasih kepada semua pihak atas dorongan dan pandangan kepercayaan terhadap dirinya. Dirinya kini terus membangun komunikasi dan bersilaturahmi dengan semua pihak.

“Terima kasih kepada pimpinan partai dan tokoh masyarakat, yang telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk maju menjadi calon bupati di Lampung Utara pada Pilkada mendatang,” ujar Hamartoni.(red).

 

 

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here