BERBAGI

TANGGAMUS-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus dan Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat gelar sosialisasi Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) di GSG Islamic Center, Kotaagung, Senin (03/12/2018).

Kegiatan tersebut dibuka Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani, SE, MM, turut hadir Kepala Kejari Tanggamus David P. Duarsa, SH, MH, Kepala Dinas PMD, Idham Khalid, AZ, S H, para kepala OPD dan Camat Kotaagung Syarif Zulkarnain.

BACA JUGA  Festival Abal-Abal, Festival Teluk Semangka “Hujan“ Kritik

Hj. Dewi Handajani dalam sambutannya mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi TP4D yang diselenggarakan Kejari dan Pemkab melalui Bagian Hukum. Kegiatan ini merupakan bentuk perhatian dari aparat penegak hukum terhadap kondisi yang kerap terjadi seputar penyelewengan pengelolaan keuangan khususnya dana desa.

IKLAN

“Total dana transfer ke pekon di Tanggamus tahun 2018 lebih dari Rp330 miliar yang diperuntukkan bagi 299 pekon sehingga tidak ada pekon yang menerima gelontoran dana kurang dari Rp1 miliar. Karena dana yang besar saya imbau kepala dan aparatur pekon untuk mengelola dana dengan sebaik-baiknya guna kemajuan pembangunan pekon khususnya dan kabupaten pada umumnya,” katanya.

BACA JUGA  Wakil Gubernur  Lampung Chusnunia Chalim Hadiri RKPD 2021, Kabupaten Lampung Selatan

Sementara itu, Kepala Kejari Tanggamus David P Duarsa, mengatakan bahwa sosialisasi memiliki arti penting untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman terhadap tupoksi TP4D. Dalam rangka meningkatkan upaya pencegahan terhadap terjadinya tindak pidana korupsi, yang perlu didukung dan dilaksanakan secara terencana dan sungguh-sungguh, sehingga pencegahan oleh Kejari dapat berlangsung efektif.

“Adapun mekanisme pelaksanaan kegiatan pengawalan dan pengamanan yang dilakukan oleh TP4D diantaranya  memberikan pengawalan. Juga pendampingan melalui serangkaian kegiatan yaitu penerangan hukum, monitoring, pemberian informasi serta analisis permasalahan,” katanya. (win/een)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here