SHARE

Bumilampung.com, Lamteng– Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah melalui Inspektorat menggelar rapat persiapan pemeriksaan akhir masa jabatan Kepala Daerah, oleh tim Inspektorat Provinsi Lampung, di ruang rapat Siger Mas Lantai IV Kantor Bupati Bupati Lampung Tengah, Selasa (1/12).

Kegiatan ini dihadiri Pjs. Bupati Lampung Tengah Adi Erlansyah, Pj Sekertaris Daerah Nirlan, SH., MM, Kepala Inspektur Inspektorat Muhibat, Asisten Bid Administrasi Umum Sarjito dan para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Lamteng.

BACA JUGA  Konferensi V PWI Kota Metro Dipersiapkan Secara Matang
IKLAN

Penjabat (PJ) Sekertaris Daerah Nirlan, SH., MM., mengatakan, dalam pemeriksaan nantinya, seluruh OPD diminta untuk menyiapkan data dan informasi yang berkaitan dengan perencanaan target kinerja dan capaian kinerja selama 5 tahun.

“Capain kinerja ini meliputi aspek kesejahteraan masyarakat, aspek daya saing daerah dan aspek pelayanan umum,” terangnya.

Sesuai ketentuan Pasal 16 ayat (3) huruf d Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2017 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, mengamanatkan Aparat Pengawas Internal Pemerintah untuk melakukan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah pada tahapan kegiatan berakhirnya masa jabatan kepala daerah untuk mengevaluasi capaian rencana pembangunan jangka menengah daerah.

BACA JUGA  Ombusdman RI Perwakilan Lampung, Himbau Polisi Dan Dishub Rutin Patroli Di Jalur Tarahan.

Pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 52 Tahun 2018 pada Pasal 4 disebutkan bahwa Pemeriksaan dilakukan paling cepat 3 (tiga) bulan sebelum berakhirnya masa jabatan Kepala Daerah atau paling lambat 2 (dua) minggu setelah pelantikan Kepala Daerah baru yang terpilih. Berpijak atas dasar tersebut Inspektorat Provinsi Lampung dalam hal ini selaku Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) melakukan pemeriksaan dan evaluasi terhadap capaian tersebut.

BACA JUGA  Akhirnya, 1.132 TKS Peroleh SK

Untuk itu, Nirlan meminta kepada semua Kepala OPD agar selalu berada di tempat. Ini agar memudahkan pemeriksaan dari Inspektorat, terkait berakhirnya masa jabatan Bupati pada bulan Februari 2021 mendatang.

“Saya minta semua Kepala OPD selalu ditempat, agar proses pemeriksaan yang dilakukan Inspektorat berjalan dengan lancar,” tuntasnya. (adv).

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here