BERBAGI

Lampung Utara-Terhitung sejak digulirkannya Dana Desa (DD/ADD) tahun 2019 di wilayah Kabupaten Lampung Utara (Lampura), sangat dirasakan dampak positifnya di masyarakat, khususnya bagi peningkatan insfrastruktur sebagai akses dalam upaya meningkatkan kesejahteraan. Sampai ke pelosok perdesaan, seperti di Kecamatan Abung Timur, khususnya Desa Gedung Nyapah.

Salah seorang warga setempat, Rio mengatakan selama ada alokasi dana desa disana sangat berdampak bagi peningkatan perekonomian masyarakat. Mulai dari ketersediaan lapangan kerja, dimana pembangunan menyedot tenaga kerja lokal. Belum lagi hasil pembangunannya, seperti jalan-jalan desa, talut sampai dengan sarana olah raga dirasa manfaatnya maksimal oleh masyarakat.

“Terima kasih kami sampaikan kepada pemerintah, wabil khusus Presiden Bapak Joko Widodo. Setelah adanya dana desa ini kehidupan ekonomi di desa kami cukup terbantu, seperti tersedianya lapangan pekerjaan dan terutama akses insfrstruktur dalam rangka peningkatan ekonomi. Dan juga tersedianya sarana olah raga dalam meningkatkan upaya hidup sehat dengan rajin berolah raga, semoga kedepannya dapat lebih baik lagi “kata dia, Selasa (21/5).

BACA JUGA  DPRD Metro Minta Pemkot Penuhi Fasilitas UNBK SMP
IKLAN

Sementara itu, Pj Kades Gedung Nyapah, Sepri Holiyana menjelaskan dengan mengoptimalkan bantuan DD/ADD yang diterima, Desa yang berbatasan langsung dengan desa Pungguk Lama dan Desa Penagan ratu itu kini mulai menatap masa depannya lebih bersinar. Bagaimana tidak, dengan jumlah penduduknya lebih dari 3000 jiwa itu sarana penunjang aktivitas masyarakat lambat laun telah terpenuhi. Hal itu tidak terlepas dari respon pemerintah dalam merealisasikan pembangunan melalui pengguliran Dana Desa.

BACA JUGA  Pemilu di Lampura Berjalan Aman dan Damai

“Mayoritas masyarakat disini berprofesi sebagai petani sawah dan kebun, dengan adanya pembangunan insfrastruktur khususnya jembatan sebagai penyambung antar dusun didesa tersebut, maka geliat ekonomi semakin membaik dan aktivitas keseharian menjadi lancar. Belum lagi tersedianya lapangan kerja karena melibatkan warga dalam pembangunannya, jadi makin mantap penduduk kami menatap masa depannya, “ujar Pj Kades Gedung Nyapah, Sepri Holiyana Kepada awak Media ini.

Diterangkan, berdasarkan data, jumlah dana desa 2019 yang diterima Rp 914 juta lebih, diperuntukkan bagi pembangunan Rehap balai adat, dan lapangan volly disusun gedung jaya, jembatan penghubung gedung jaya dan desa papan rejo, sumur bor 1 titik, yang diletakan dekat balai adat, serta pembuatan Plang kantor, dan pemasangan Paping blok

BACA JUGA  Massa Minta Pemakzulan Bupati Lampura

“Ya selain meningkatkan upaya hidup seimbang dan sehat, sarana olah raga ini dapat digunakan untuk memupuk talenta muda kita. Yang pasti, dengan adanya lapangan Bola Volly ini, masyarakat berolah raga semakin baik. Dan dampaknya adalah peningkatan kesehatan yang akan mengurangi beban untuk perobatan, sehingga lebih sehat dan tenang menjalankan aktivitas perekonomiannya, “terangnya.

Ditambahkan, Sepri Holiyana, perubahan cukup signifikan yang dimaksud untuk Desa tersebut yaitu dimulai dari infstuktur jalan sampai dengan sarana olah raga tersedia.

“Kami berharap dengan semua fasilitas yang tersedia kini, geliat kehidupan dalam menatap masa depannya dapat lebih jelas ayahnya,”pungkasnya. (sab/een)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here