BERBAGI

METRO – Kepala Bappeda Provinsi Lampung, Mulyadi Irsan menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2024 Kota Metro yang berlangsung di Gedung Sesat Agung Bumi Sai Wawai Kota Metro, Rabu (08/03/2023).

Wali Kota Metro, Lampung, Wahdi mengungkapkan bahwa kegiatan hari ini merupakan tahapan kegiatan Musrenbang dalam rangka penyusunan Rancangan RKPD Kota Metro Tahun 2024.

“Beberapa waktu lalu kita telah melaksanakan Musrenbang Kelurahan dan Musrenbang Kecamatan, tentunya kita telah memperoleh daftar prioritas Musrenbang Kelurahan yang akan kita susun kembali menjadi daftar prioritas pada Musrenbang Kota Metro yang jika merujuk pada kebijakan nasional pemerintah pusat masih memfokuskan pada sektor pemulihan ekonomi Nasional dan peningkatan kualitas sumber daya manusia, ” paparnya.

BACA JUGA  Ketua PWI Lampung Terpilih Wirahadikusumah Silaturahmi Dengan Bupati Lamsel

Diungkapkannya bahwa saat ini kota Metro juga mempunyai Jaringan Masyarakat Peduli Anak Ibu atau JAMA-PAI yang merupakan gerakan peran serta dan kepedulian terhadap kesehatan anak dan ibu yang berkualitas dan dilakukan secara terintegrasi dengan melibatkan masyarakat.

“JAMA-PAI didesain untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) dan dalam rangka mewujudkan Generasi Emas Metro Cemerlang (GEMERLANG) Peta Jalan Indonesia Emas 2045, 100 Tahun Indonesia Merdeka, “Ucap Wahdi.

Oleh karena itu dengan melihat, mengkaji capain maupun isu strategi yang akan di capai pada tahun 2024, maka tema pembangunan Kota Metro untuk Tahun 2024 adalah Peningkatan Produktivitas Ekonomi dan Kualitas Sumberdaya Manusia Untuk Pembangunan Berkelanjutan.

“Ada 4 (empat) Prioritas Pembangunan yaitu Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi, Peningkatan Kualitas Sumberdaya Manusia, Pengembangan infrastruktur dan yang berkualitas berkelanjutan; dan Reformasi Birokrasi, “ungkapnya.

BACA JUGA  Latihan Budidaya Alpukat Program Ketahanan Pangan Kampung Bengkulu Raman 

Harapannya, melalui Musrenbang Kota Metro ini Provinsi Lampung dapat merealisasikan usulan-usulan yang menjadi kewenangan Provinsi Lampung.

Sementara itu, Kepala Bappeda Provinsi Lampung Mulyadi Irsan menyampaikan apresiasi atas pencapaian pembangunan yang luar biasa telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Metro dari tahun 2021 sampai tahun 2022 berdasarkan angka makro.

“Andaikan Lampung punya 15 yang seperti Kota Metro pasti Lampung akan tinggi, tetapi menjadi PR terhadap yang lainnya akan dilakukan evaluasi dan pendampingan,”bebernya.

Mulyadi Irsan mengungkapkan bahwa pertumbuhan perekonomian kota Metro masuk pada peringkat ke empat di Provinsi Lampung bersamaan dengan kemiskinan yang juga ikut menurun 7,8 persen dan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) berada pada 77,8 persen.

BACA JUGA  Kabar Duka, Kepala BPBD Lamsel Meninggal Dunia

Tidak hanya itu, Kepala Bappeda Provinsi Lampung menilai bahwa kota Metro juga mempunyai PR yaitu mewujudkan transformasi kota yang sesungguhnya.

“Kita harapkan masyarakat Metro dapat merasa aman dan nyaman tinggal di kota Metro, sehingga dapat menarik orang luar untuk datang ke kota Metro, “terangnya.

Mulyadi Irsan menuturkan bahwa saat ini Provinsi Lampung terus melakukan evaluasi pada tahun ini dengan mengambil tema transformasi ekonomi.

“Kota Metro mempunyai UMKM, IKM, menjadi pengolahan pada produk pertanian, inverifikasi usaha bagi masyarakat sehingga nanti memperoleh nilai tambah untuk masyarakat, “tutupnya. (ADV)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here