BERBAGI

Lampung Utara-Pada upacara peringatan Hari Veteran Nasional ke-62 tahun 2019 yang dilaksanakan Pemkab Lampung Utara (Lampura), di Lapangan Pemkab setempat, Jumat (9/8) dan dihadiri Kakimal Lampung Letkol Laut (Kh) H. Sri Depranoto M. Bt., S.Ag., M.Pd., Forkopinda, SKPD se-Lampura, dan Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Lampura, Saleh Achmad, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Lampura, AKBP Budiman Sulaksono, S.I.K. menjadi inspektur upacara.

Dalam sambutan bupati yang dibacakan Kapolres Lampura, dikatakan kehadiran para sesepuh dan tokoh pejuang diupacara tersebut tentu akan menjadi kekuatan dan motivasi generasi penerus bangsa dalam mengenang sekaligus menghormati jasa para pahlawan sebagai pejuang kemerdekaan.

BACA JUGA  Nanang Ermanto Lantik Lima Kepala Desa

“Buya Hamka pernah mengatakan “hidup ini bukanlah suatu jalan yang datar dan ditaburi bunga, melainkan ada kalanya disirami air mata dan darah”. Maknanya, bahwa perjuangan bangsa kita mulai dari sebelum kemerdekaan sampai saat ini benar-benar penuh dengan linangan air mata dan penuh dengan pengorbanan darah, “ujarnya.

IKLAN

Untuk itu, tambah Kapolres, dirinya mengajak segenap peserta upacara untuk sejenak dapat merenungkan kembali atas apa yang telah diperjuangkan dan dikorbankan para Veteran Republik Indonesia.

“Dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan tentu tidaklah mudah, jiwa dan raga pun dipertaruhkan untuk semua itu. Bahkan,
Presidan pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno, dalam pidato terakhirnya dihari Ulang Tahun Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1966 pernah menyampaikan semboyan yang kita kenal dengan “JASMERAH”’ atau singkatan dari jangan sekali-kali meninggalkan sejarah”. Artinya adalah kita harus belajar dari sejarah bangsa ini yang penuh perjuangan, “tambah bupati dalam sambutan yang dibacakan AKBP Budiman.

BACA JUGA  Ratusan Penggemar Motor Trail Ikuti Jelajah Alam Serambi Sumatra

Ditegaskannya, meskipun para pejuang telah berhasil merebut dan menegakkan kemerdekaan, tetapi kita semua sebagai penerus perjuangan tersebut masih harus terus berjuang, meskipun tidak lagi dengan cara mengangkat senjata, tetapi berjuang dengan membangun bangsa yang berorientasi pada kemajuan, dan kesejahteraan yang berkeadilan.

“Mari kita terus bangun bangsa ini, sebagai langkah nyata bahwa kita tidak melupakan sejarah. Semangat para veteran harus menjadi inspirasi kita semua, motivasi untuk lebih giat lagi membangun bangsa khususnya di kabupaten lampung utara yang kita cinta ini. Mari kita jadikan juga peringatan Hari Veteran Nasional dihari ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat juang dan kebersamaan, untuk terus mendukung pelaksanaan pembangunan terutama di Kabupaten Lampura, agar senantiasa aman, agamis, maju, dan osejahtera”.pungkasnya. (sab/Lim).

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here