BERBAGI

Lampung Utara-Dikarenakan kantong plastik berwarna hitam dianggap sebagai produk plastik yang paling rendah Kualitas nya, maka Dinas Kesehatan Lampung Utara (Lampura), mengimbau masyarakat agar tidak menggunakan kantong plastik warna hitam sebagai tempat wadah makanan dalam jenis apapun. Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Lampura, dr Maya Metissa, Selasa (24/9) terkait hal tersebut kepada awak Media.

“Jika kita membawa makanan dengan kandungan vitamin C, berminyak, dan juga berlemak, zat-zat kimia berbahaya dari plastik tersebut akan terurai dan bisa menempel pada makanan yang kita konsumsi. Untuk bungkus obat dan makanan hendaknya dihindari,” ujar Maya Metissa seraya menjelaskan, bahwa kewaspadaan itu penting mengingat, hingga kini pihaknya juga tidak mengetahui proses pembuatan kantong Plastik itu,

BACA JUGA  Pesawaran Menuju Era New Normal

“Kita perlu menjaga kesehatan apalagi kita tidak tau bahan plastik itu dari apa. Bisa jadi bahan utama dari kantong plastik itu adalah polivinil klorida atau PVC serta bahan kimia berbahaya lainnya, “katanya.

IKLAN

Ditegaskan dr. Maya, melihat adanya resiko tersebut, untuk itu dirinya perlu memberikan imbauan agar masyarakat terutama di Kabupaten Lampura, tidak menjadikan kantong plastik hitam sebagai tempat makanan jenis apapun.

BACA JUGA  Winarni Nanang Ermanto Hadiri Lomba P3KSS Tingkat Propinsi Tahun 2019

” Jika perlu pada saat akan membeli makanan matang agar membawa wadah sendiri sebagai upaya mengurangi resiko gangguan kesehatan. “tegasnya seraya menjelaskan lagi persoalan tersebut perlu disampaikannya mengingat sering kali ditemukan penjual makanan seperti gorengan yang memakai plastik hitam.

” Gorengan tersebut tentu telah terkontaminasi dengan berbagai zat kimia berbahaya dari kantong plastik yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Karena makanan yang ditempatkan pada kantong plastik khususnya warna hitam akan berisiko terpapar zat-zat berbahaya dari plastik, “pungkasnya. (Sab/Red1).

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here