BERBAGI

Bumilampung.com –┬áBupati Tulangbawang Hj. Winarti, SE, MH, sejak awal telah mengingatkan warganya yang terkena dampak banjir untuk terus berhati-hati dan waspada, terutama saat pada keadaan cuaca yang tidak menentu, mengingat intensitas hujan masih tinggi.

Hal ini ditunjukkan Pemerintah Daerah (Pemda) KabupatenTulangbawang sejak hari pertama kejadian banjir, dengan turun ke lokasi banjir, lalu langsung menginstruksikan jajarannya untuk mendirikan tenda posko, bantuan kesehatan, tenda pengungsian dan dapur umum.

Bupati Winarti pantau banjir.

“Kepala BPBD Noermal M Yus bersama tim, sejak banjir saya instruksikan untuk menginap di lokasi-lokasi terdampak banjir di Tulangbawang, sehingga sepenuhnya dalam pengawasan dan penanganan kita,” ujar Bunda Winarti, Minggu (24/02/2019) malam.

BACA JUGA  Embung Tirta Kesuma Jadi Tujuan Wisata di Lamtim
IKLAN

Bahkan dapur umum telah mendistribusikan makanan untuk warga, sejak Jum’at (22/02/2019) telah dialokasikan berass sebanyak 4 ton, yang diperuntukkan bagi warga terdampak banjir.

“Lalu mengenai kejadian tenggelam hari ini di Kecamatan Menggala, yang mengakibatkan meninggalnya warga Lingkungan Gunung Sakti Kelurahan Menggala Selatan, saya sangat prihatin, kita mengingatkan warga yang terkena banjir untuk waspada, malahan yang jadi korban penduduk luar Lingkungan Bugis Kelurahan Menggala Kota, yang sedang dibawa orang tuanya mengunjungi saudaranya di Lingkungan Bugis,” lirih Bunda Winarti.

“Atas musibah ini, saya turut berdukacita, semoga almarhum diterima disisi Allah SWT, dan semoga keluarga yang ditinggalkan dapat sabar, tabah dan ihklas,” ungkap Bupati Tulangbawang.

BACA JUGA  Warga Portal Jalan Arah Stasiun Rejosari dan PTPN 7

Adapun banjir yang melanda Kabupaten Tulangbawang, memang merupakan siklus tahunan dan merupakan banjir kiriman dari Kabupaten Lampung Utara, hingga saat ini, banjir telah melanda Kecamatan Menggala, Menggala Timur, Gedung Meneng dan Gedung Aji, dan telah ditangani, dengan jumlah pengungsi sebanyak 320 jiwa dan telah diberikan makan sejak Kamis (21/02/2019).

“Semua petugas, BPBD, Sosial, Pol-PP stanby 24 jam untuk masyarakat, semua bekerja atas nama Pemda dan semua atas Instruksi saya selaku Bupati,” tegas Bunda Winarti.

Mengenai dalam hal penyaluran sembako, saat ini belum saatnya karena masyarakat sebagian sedang tidak di rumahnya, bahkan besok, Senin (25/02/2019) Dinas Sosial akan mendistribusikan beras.

BACA JUGA  Zulkifli Hasan Hadir Sebagai Saksi Sidang Fee Proyek PUPR Lamsel

Sementara Kepala BPBD Tulangbawang Noermal M Yus terkait musibah tenggelam, menjelaskan bahwa kejadian terjadi siang hari, begitu ada kejadian semua unsur langsung dikerahkan.

“Bahkan tim SAR di Branti kami kontak dan mereka bergerak ke Menggala, mereka belum sampai korban telah ditemukan dan mereka saya sarankan kembali ke poskonya lagi, mewakili Ibu Bupati saya turun ke lokasi untuk memantau pencarian lalu saya bersama Kapolsek Menggala kerumah duka, ini bentuk kepedulian Bupati kepada warga,” tukasnya. (rls/asf)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here