BERBAGI

Bumilampung.com, Lamsel- Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kalianda memberikan remisi kepada 331 Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kalianda.

Remisi tersebut diberikan kepada WBP Lapas Kalianda yang beragama Islam yang telah memenuhi syarat syarat administratif dan substantif.

Beberapa diantaranya yaitu telah menjalani pidana minimal enam bulan (dengan hukuman dibawah 5 tahun, atau hukuman diatas 5 tahun dengan telah melakukan justice collaborator), serta tidak terdaftar pada register F (buku catatan pelanggaran).

BACA JUGA  Kadis Pendidikan Ancam Copot Kepsek di Natar

Remisi Khusus Idul Fitri ini merupakan remisi dengan pengurangan masa tahanan yang lamanya adalah sebanyak 15-60 hari.

“Remisi ini merupakan remisi khusus untuk Narapidana yang beragama Islam dengan memperhatikan aturan dan ketentuan yang berlaku yang diadakan setiap tahunnya,” tutur Kalapas Kalianda, Dr. Tetra Destorie usai melaksanakan Halal Bihalal dengan WBP Lapas Kalianda, Kamis (13/5/2021) lalu.

BACA JUGA  Bupati Lamsel Salurkan 10 Ton Beras Untuk Anak Yatim di Wilayah Lamsel

“Salah satu syarat substantifnya adalah tidak tercatat di register f. Jadi bagi siapapun yang telah tercatat di register f, tidak akan mendapatkan remisi khusus ini,” tambahnya.

Dirinya menambahkan, bahwa dengan memperoleh remisi ini, sebanyak 3 orang juga dinyatakan bebas dari Lapas Kalianda.

“Hari ini, selain ada 331 orang yang mendapatkan remisi, ada 3 WBP yang bebas setelah dikurangi masa tahanannya,” ucap Dr. Tetra.

BACA JUGA  Radio Pemerintah Kabupaten Lamsel Berhasil Raih Penghargaan

Dengan adanya Remisi ini, Tetra berharap dapat dijadikan motivasi terhadap warga binaan lainnya untuk berubah dan terus berbuat kebaikan.

“Mudah-mudahan dengan adanya remisi ini, Warga Binaan kita menjadi lebih termotivasi untuk selalu berbuat kebaikan dan tidak melakukan pelanggaran yang menyebabkan dirinya tidak mendapatkan remisi,” tutup Kalapas Kalianda. (frd)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here