BERBAGI

Bumilampung.com – UPJA Mandiri Kabupaten Waykanan Provinsi Lampung Agus Suwahyono sebagai paktisi dalam kegiatan Pelatihan Optimalisasi Pemanfatan Alsintan Traktor roda empat (TR4) dan Combain Harvester, yang diselengarakan di Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Muara Talang Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan, yang diselenggarakan mulai tanggal 23- 25 Januari 2019.

Agus sebagai praktis dalam pelatihan menyatakan pentingnya pemeliharaan dalam pemanfatan Alsintan untuk operator TR4 dan Combain Harvester, sehingga pada saat digunakan tidak terjadi kerusakan pada alsintan tersebut, yang mengakibatkan tertundanya pengolahan tanah dan pasca panen padi.

BACA JUGA  Walikota Bandar Lampung Ancam Pecahkan Kepala Wartawan, PWI Lampung Siap Pasang Badan

“Pemeliharaan yang terencana pada komponen yang ada pada alsintan diyakini dapat terdeteksi secara dini termasuk biaya perawatan dan perbaikannya, hal tersebut disampaikan agus kepada peserta pelatihan yang ada di kecamatan Muara Talang,” ujarnya.

Pelaksanaan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi pemuda tani yang ada di kecamatan muara talang, biasanya dalam perbaikan alat masih memerlukan bantuan dari pihak lain.

BACA JUGA  Sukses, Lampung Banjir Jagung

“Dengan diselenggarakan pelatihan ini diyakini pemuda tani dapat memprioritaskan kendala yang akan terjadi pada alat pertaniaan yang ada di kecamatan ini”, ujar Agus.

Setelah mengikuti pelatihan diharapkan peserta pelatihan dapat mendanggulangi kerusakan dan menganalisa penyebab kerusakan sehingga kerusakan yang serupa tidak terjadi dikemudian hari. Dalam pelatihan ini peserta pun langsung praktek dalam penangan alsintan sehingga kompetensi peserta meningkat dalam hal perawatan, menganalisa masalah dan pemecahan masalah yang terjadi pada alsintan.

BACA JUGA  Widyaiswara BPP Lampung Perkuat Strategi, Komonikasi dan Kepemimpinan

Ardiansyah operator mesin Combain Harvester, membenarkan bahwa saat ini dia mengetahui jenis dan onderdil yang ada pada alat tersebut dan tidak lagi tertipu oleh pabrik, karena selama ini beliau membeli alat selalu sesuai dengan jenis alat yang rusak. (rls/asf)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here