BERBAGI

bumilampung.com – Sebanyak 30 siswa kelas IX SMP Al azhar 3 Bandar Lampung belajar hidroponik di Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Lampung, (Jumat, 23/7/2019).

Kunjungan ini merupakan bagian dari kegiatan belajar diluar sekolah bagi siswa yang tergabung dalam siswa kelompok sains, sekolah yang berada di kawasan Way Halim Kota Bandar Lampung tersebut.

Dalam pengantarnya Guru Pendamping Siswa/Wakil Kepala Sekolah Bid. Kurikulum, Afrizal, S.Pd. mengatakan, kegiatan ini mudah-mudahan dapat menambah pengetahuan siswa di bidang pertanian khususnya hidroponik.

IKLAN

“Sehingga nantinya siswa akan bertambah wawasannya untuk memilih mau menjadi apa kelak dimasa depan,” ujarnya.

BACA JUGA  Layanan Streaming Smartfren di Lebaran 2019

Rombongan yang didampingi oleh 5 orang guru pendamping tersebut, diterima di ruang kelas oleh Tim Widyaiswara BPP Lampung dilanjutkan dengan pemaparan sekilas mengenai dasar-dasar hidroponik, yang berisi tentang teknologi dasar hidroponik, kualitas hasil hidroponik berupa sayuran sehat non pestisida serta alasan pentingnya pengembangan hidroponik diperkotaan yang notabene lahan pertaniannya sempit.

Selanjutnya para siswa dibagi menjadi 6 kelompok untuk langsung belajar dan praktek berhidroponik, mulai dari penyemaian benih menggunakan rockwool, pindah tanam ke instalasi, mencampur nutrisi hidroponik, pemanenan sayuran sampai membuat hidroponik sederhana memakai botol air mineral. Kegiatan di lakukan di Screenhouse BPP Lampung.

BACA JUGA  BPP Lampung Gelar Bimtek untuk KSTM di 5 Ponpes 

Melihat sayuran hidroponik yang begitu segar dan bagus di screenhouse BPP Lampung, sembari melakukan praktek, para siswa terus menerus memberikan pertanyaan kepada Tim Widyaiswara BPP Lampung yg terdiri dari pengelola lahan praktek, Suhadi Sapto Yuwono, STP., MP, Mikha Margaretha, M.Sc. dan Fenni Shintarika, M.Si serta pengelola screenhouse Revika, S.Tr.

Semangat peserta menjadikan kegiatan sangat cepat sehingga tidak terasa kegiatan sudah selesai. Terakhir para siswa dan guru mengungkapkan testimoninya berkunjung ke BPP Lampung. Mereka merasa puas dan terinspirasi.

BACA JUGA  Tegineneng Berhasil Penuhi Target Luas Tambah Tanam Jagung

“Kita rencanakan untuk berkunjung ke BPP Lampung setiap tahun di setiap kegiatan pembelajaran diluar kelas, semoga kerja sama ini akan tetap berjalan terus, Terimakasih BPP Lampung”, tutup Afrizal.

Kegiatan ditutup dengan berfoto bersama Widyaiswara, guru dan seluruh siswa di depan Screenhouse BPP Lampung serta pengambilan video siswa dengan meneriakkan tag line BPP Lampung, BPP Lampung, Terdepan Memberi Manfaat. (rls/asf)

 

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here