BERBAGI

Donor darah adalah salah satu aktivitas yang banyak memberikan manfaat tidak hanya pada diri sendiri, namun juga kepada seluruh orang yang membutuhkan. Darah yang didonorkan akan sangat bermanfaat bagi orang yang mengalami kondisi seperti kecelakaan, transplantasi organ, kanker, anemia, thalasemia, hingga kanker darah. Donor darah secara rutin terbukti memberikan manfaat dan menyehatkan tubuh pendonor.


Kepala Dinas Kesehatan Lampung Barat, dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B

Manfaat Donor Darah Bagi Tubuh
Berikut ini adalah beberapa manfaat rutin donor darah bagi kesehatan yang harus kamu ketahui, diantaranya adalah:

BACA JUGA  3 Cara Alami Dapatkan Wajah Cerah

1. Dapat Mendeteksi Penyakit Serius.
Pada pelaksanaannya, sebelum donor darah, kita wajib memeriksakan kondisi darah yang sekaligus mampu mendeteksi adanya penyakit serius seperti HIV, sifilis, hepatitis B, hepatitis C, hingga malaria. Untuk itu, dengan melakukan pemeriksaan darah rutin, maka berbagai penyakit tersebut dapat dideteksi sedini mungkin.

2. Menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.
Donor darah secara teratur diketahui dapat menurunkan kekentalan darah, yang menjadi salah satu faktor penyebab dari penyakit jantung.

BACA JUGA  Komut PTPN VII: "Kita Berdamai dengan Pestalo

3. Membantu menurunkan berat badan.
Untuk masyarakat yang saat ini sedang berfokus untuk menurunkan berat badan donor darah secara rutin dapat menjadi salah cara yang diambil. Alasan donor darah dapat menurunkan berat badan adalah karena rata-rata orang dewasa dapat membakar 650 kalori saat mendonorkan 450 ml darahnya.

Dengan mengetahui beberapa manfaat dari donor darah diatas, diharapkan mampu memberikan rasa percaya diri kepada seluruh pendonor darah untuk bisa melakukannya secara rutin. Sehingga dengan demikian, pasokan darah dapat terus terpenuhi, dan tubuh menjadi sehat.

BACA JUGA  Peringati Hari Keluarga Nasional , Dalduk dan KB Lamsel Berikan Layanan KB Gratis 

Lokasi Donor Darah.
Tetap terapkan perilaku hidup sehat dan segera lakukan donor darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Pusat maupun Unit Donor Darah di daerah, atau bisa juga melalui kegiatan donor darah yang dilakukan di tempat umum seperti pusat perbelanjaan, perusahaan, maupun di universitas yang dilakukan secara sukarela.(red)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here