BERBAGI

LAMSEL – Guna mencegah perdagangan makanan yang sudah kadaluarsa, Puskesmas Kalianda,dibantu petugas dari kecamatan Kalianda melakukan program Situasi Khusus (Situs), menjelang Hari raya Idul fitri.

Sasarannya meliputi Toko toko Modern seperti Indomart, Alfa Mart, serta toko tradisional di wilayah kerja puskesmas Kalianda kecamatan Kalianda.

Kepala UPT Puskesmas Kalianda Rosmeli, Skm, M.Kes mengungkapkan, tujuan dilaksanakan program tersebut untuk mencegah beredarnya produk makanan yang sudah kadaluarsa (Expire date) yang masih diperjual belikan di masyarakat.

BACA JUGA  Wali Kota Test Komisioning Gedung Sesat Bumi Sai Wawai

” Tujuan Situasi khusus ini adalah melindungi masyarakat dari pangan yang sudah tidak layak untuk dikonsumsi di toko toko modern dan toko toko tradisional ” ujar Rosmeli, selasa (21/5).

Dalam pelaksanaan Situs tersebut, Puskesmas Kalianda menemukan masih ada sejumlah toko modern, atau tradisional yang menjual
produk makanan yang sudah kadaluarsa.

“Dari sejumlah toko yang kami datangi, ditemukan beberapa produk pangan yang sudah expire date seperti agar2, permen karet, dan sosis” ujarnya.

BACA JUGA  Wakil Walikota Metro Buka Acara Sosialisasi dan Orientasi Perempuan Dalam Politik

Selain itu terang Rosmeli, ditemukan juga kemasan makanan yang sudah rusak, seperti kemasan yang telah terbuka, kemasan kaleng yang penyok, dan ada beberapa yang telah kotor

Ditemukan juga beberapa produk yang memiliki label tapi tidak ada tanggal kadaluarsa dan perizinan P-IRT.

Terpisah Penanggung jawab program makmin, Puskesmas Kalianda , Densi Zulkarnain Amd KL mengungkapkan, kegiatan ini dilakukan secara berkala setiap tahun, guna pemantauan makanan pada situasi khusus Lebaran, natal dan tahun baru, tujuannya untuk mengantisipasi adanya temuan bahan makanan yang tidak layak di konsumsi.

BACA JUGA  Dana Siltap TA. 2019 Dikeluhkan Kepalo Tiyuh Tubaba

Sekedar di ketahui, dalam Situs tersebut, pihak puskesmas Kalianda menurunkan Tim terdiri dari Ka Upt Rosmeli SKM., M.Kes , Densi Zulkarnain Amd KL, Anita setiawati S. Farm, dan Vera, dibantu juga pihak dari kecamatan Kalianda, serta Pol PP.(Frd/Lim)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here