BERBAGI

LAMPUNG BARAT – Program pembangunan harus berdasarkan usulan dari bawah, yakni masyarakat. Nah, untuk menyerap aspirasi masyarakat tersebut, pemerintah kabupaten (Pemkab) Lampung Barat (Lambar) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Suoh dan Bandarnegeri Suoh (BNS) Senin (12/2/2018).

Hadir dalam acara ini Bupati Kabupaten Lambar,  Hi. Parosil Mabsus bersama Ketua DPRD Edi Novial, S.Kom., bersama sejumlah stafnya. Seperti diketahui, Musrenbang bertujuan mengumpulkan masukan secara partisipatif dari masyarakat mulai dari tingkat bawah hingga dirumuskan untuk menjadi usulan. Proses melaksanakan pembangunan di satu daerah harus melalui Musrenbang dari tingkat bawah hingga ke pusat.

Dihadapan seluruh aparat pemerintahan pekon dan  puluhan tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh pemuda serta para undangan lainnya pada Musrenbang di Kecamatan Suoh yang dipusatkan di halaman kantor camat dua kecamtn tersebut Bupati Parosil Mabsus menyampaikan beberapa hal, termasuk memaparkan program-program yang akan  dilaksanakan kedepan dalam rangka mewujudkan Lampung Barat Hebat.

BACA JUGA  Gagal Panen, Pekebun Kopi Lambar Peceklik
IKLAN

”Tentunya aspirasi dari masyarakat sangat diperlukan. semua aspirasi akan ditampung dan akan di rumuskan oleh eksekutif dan dibahas bersama DPRD untuk ditetapkan dalam APBD. Aspirasi tentunya mengacu pada visi dan misi bupati. kesempatan ini dilaksanakan untuk dimanfaatkan dan mendiskusikan dengan serius dalam menghimpun segala bentuk usulan pembangunan yang prioritas,” katanya.

BACA JUGA  Parosil Cek Alat Berat PUPR

Lanjutnya,  Musrenbang tingkat kecamatan di Kecamatan Suoh tersebut merupakan forum perencanaan pembangunan yang wajib dilaksanakan setiap tahun oleh masing-masing kecamatan yang ada di kabupaten setempat.

”Saya perlu ingatkan sekali lagi kepada seluruh peserta musrenbang ini, untuk dapat bekerja keras dengan ikhlas tak kenal lelah dan tak kenal berhenti, serta tak kenal batas dalam membangun daerahnya agar Kecamatan Suoh ini akan semakin maju,” ujarnya.

Sambungnya,  pihaknya mengharapkan semua peserta MUsrenbang tidak lupa juga mengedepankan pelayanan publik (public service) yang berorientasi pada kualitas, hasil dan dampak dari kegiatan yang direncanakan serta lebih responsif terhadap aspirasi yang berkembang di masyarakat terutama yang menyangkut kepentingan masyarakat secara umum.

BACA JUGA  Cegah Penyebaran Covid-19 Dengan Menjalankan ibadah Ramadan Di Rumah

Lebih lanjut dikatakannya, satu hal yang juga menjadi harapan semua yakni agar ego-sektoral dalam pelaksanaan pembangunan semakin mengecil dan masing-masing memainkan peran, fungsi dan tanggungjawabnya, sehingga dengan forum ini akan benar-benar tersaring program-program, aspirasi dan harapan yang menyentuh langsung dan dapat dirasakan oleh masyarakat yang ada di kecamatan ini.

”Pilihlah program yang benar-benar prioritas, diunggulkan dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat di kecamatan ini, serta menyampingkan kepentingan-kepentingan individu atau kelompok demi kepentingan bersama,” tutupnya. (esa/asf)

 

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here