BERBAGI
kepala kampung Gunung Sari hadir dalam kegiatan posyandu (foto istimewa)

BUMILAMPUNG.COM– Posyandu Balita (Pos Pelayanan Terpadu Balita) adalah program pelayanan kesehatan dan gizi yang ditujukan khusus untuk anak balita (usia 0-5 tahun) di Indonesia.

Kegiatan posyandu di kampung Gunung Sari di hadiri langsung oleh Hendra kepala kampung, Sekertaris kampung, TP PKK kampung, bidan desa, Babinsa, kader PKK dan posyandu.

Kader posyandu bersama bidan desa (foto istimewa)

Posyandu balita bertujuan untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anak, mencegah dan mendeteksi dini masalah kesehatan, serta memberikan pendidikan dan penyuluhan kepada orang tua balita mengenai gizi dan kesehatan anak.

Kegiatan posyandu balita meliputi beberapa komponen penting, antara lain, pengukuran berat badan, tinggi badan, dan lingkar lengan atas anak balita. Data ini digunakan untuk memantau pertumbuhan anak dan mengidentifikasi potensi masalah gizi atau kesehatan.

BACA JUGA  Menjelang Hari Raya Idul Adha, Harga Gas LPG 3 KG Melambung Tinggi di Kecamatan Pakuan Ratu

Penyuluhan Gizi dan Kesehatan kepada orang tua balita tentang pentingnya gizi seimbang dan pola makan yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Mereka juga memberikan informasi mengenai cara pencegahan penyakit, imunisasi, dan tanda-tanda bahaya pada anak.

Pemberian Imunisasi rutin untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak terhadap penyakit-penyakit menular. Imunisasi ini penting untuk melindungi anak dari penyakit yang dapat dicegah melalui vaksinasi.

BACA JUGA  Pada Bulan Desember, KONI Lamsel Akan Gelar Kejuaraan Motorprix

Petugas posyandu melakukan pemeriksaan fisik sederhana untuk mendeteksi dini masalah kesehatan pada anak, seperti infeksi, gangguan pernapasan, atau masalah kulit. Jika ditemukan masalah lebih serius, anak akan dirujuk ke fasilitas kesehatan yang lebih lengkap.

Pada posyandu balita, anak juga diberikan makanan tambahan atau suplemen gizi untuk memastikan asupan nutrisi yang cukup bagi pertumbuhan dan perkembangan mereka. Semua data dan informasi yang diperoleh dari kegiatan posyandu balita dicatat dan dilacak secara berkala. Rekam jejak kesehatan ini penting untuk memantau perkembangan dan memberikan perawatan yang sesuai bagi anak balita.

BACA JUGA  Negara Timur Tengah Kepicut Rempah Rempah Lampung

Kegiatan posyandu balita berperan penting dalam upaya meningkatkan status gizi dan kesehatan anak-anak di tingkat masyarakat. Melalui posyandu, diharapkan anak balita dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, terhindar dari penyakit yang dapat dicegah, serta memiliki kesempatan untuk mencapai potensi tumbuh kembangnya secara optimal.

Posyandu balita menjadi sarana penting dalam mendukung upaya pemerintah dalam mencapai pembangunan manusia yang sehat dan berkualitas.

Editor Habibi Adi Putra

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here