BERBAGI

bumilampung.com – Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) tingkat Provinsi Lampung ke -XXVI di Kabupaten Pesisir Barat menjadi momentum bersejarah bagi Pemerintah Kabupaten Pesawaran.

Ya, Kabupaten yang baru berusia 12 tahun itu menyabet 3 penghargaan sekaligus yang diterima langsung oleh Ketua TP PKK Pesawaran Ny. Nanda Indira Dendi, SE,MM.

Ketua TP PKK Pesawaran Ny. Nanda Indira Dendi diwakili Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Maisuri mengatakan, 3 penghargaan yang berhasil di raih pemerintah pesawaran yakni Pakarti utama 1 sebagai pemenang lomba Kesatuan Gerak PKK KKBPK KES tahun 2019 tingkat Provinsi Lampung sekaligus tingkat nasional; kemudian meraih juara 1 kabupaten tertib administrasi PKK tingkat provinsi Lampung tahun 2019. Serta juara 1 kampung KB percontohan tahun 2019.

IKLAN

“Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang diwakili oleh direktur bina kesertaan keluarga berencana jalur wilayah dan sasaran khusus Dr. Nerius Auparai,M.Si,”ungkap Maisuri, Rabu (31/7).

BACA JUGA  Target Retribusi Menara Tambah Rp100 Juta

Dikatakan, selain perwakilan BKKBN pusat, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung Uliantina Meiti, SE. MM juga turut menyerahkan sejumlah penghargaan kepada pemerintah Pesawaran dan kabupaten lain. Dimana penyerahan penghargaan dipusatkan di Lapangan Merdeka, Labuan Jukung, Krui, Kabupaten Pesisir Barat Rabu.

“Termasuk Kepala Desa Bogorejo Pak Hermansyah menerima penghargaan sebagai kampung KB percontohan dan juara 1 kabupaten tertib administrasi PKK tingkat provinsi Lampung tahun 2019 yang diwakili oleh Ibu Asisten I Pesawaran Agustina Syukur,”ucapnya.

Dengan diraihnya prestasi di level nasional tersebut, Kabupaten Pesawaran dilirik banyak provinsi di luar Lampung dan dijadikan referensi untuk studi banding terkait keberhasilan pemerintah Pesawaran bersama TP PKK Pesawaran menyukseskan program KB.

BACA JUGA  Negara Timur Tengah Kepicut Rempah Rempah Lampung

“Tempo hari Kabupaten Cirebon sudah studi banding. Dan beberapa kabupaten kota lainnya akan studi banding di kampung KB percontohan,”jelasnya.

Dijelaskan penghargaan bergengsi tersebut berkat kerja keras pemerintah daerah bersama TP PKK Pesawaran ” Menyulap” Desa Bogorejo Kecamatan Gedongtataan menjadi salah satu kampung KB percontohan. Dimana peringatan Harganas turut dihadiri oleh Gubernur Lampung yang diwakili oleh Pj Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Ir.H.Fahrizal Darminto dan Ketua TP-PKK Provinsi Lampung Ny.Hj.Riana Sari Arinal, Kepala BKKBN Pusat yang diwakili oleh Direktur Bina Kesertaan Keluarga Berencana Jalur Wilayah dan Sasaran Khusus Dr. Nerius Auparai, M.Si., Kepala BKKBN Provinsi Lampung Uliantina Meiti,SE.MM; jajaran pemprov dan fokorpimda Provinsi Lampung, serta sejumlah bupati beserta kepala TP-PKK kabupaten kota se Provinsi Lampung.

BACA JUGA  Pemkab Pesawaran Gelar Zikir dan Istiqosah

“Itu (kampung KB) sebagai pilot project, visi misi pak bupati bersama TP PKK, memiliki target menjadikan 144 desa di Pesawaran sebagai kampung KB,”imbuhnya.

Diketahui sebelumnya, Ketua TP PKK Pesawaran Nanda Indira Dendi telah menerima penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dan Pakarti Utama Sebagai Pemenang Lomba Pelaksana Terbaik PKK-KKBPK Kesehatan Tahun 2019 tingkat nasional pada malam puncak peringatan Harganas ke XXVI di Kalimantan Selatan pada Jumat (5/7) malam.

“Penghargaan yang diperoleh bukan saja untuk pemkab pesawaran, tapi juga untuk semua masyarakat sebagai wujud kerja keras, ikhlas dan nyata untuk dan oleh masyarakat,”pungkasnya. (rrn/asf)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here