BERBAGI

bumilampung.com – Wakil Bupati Way Kanan H. Edward Antony hari ini (Kamis l, 22 Agustus) meresmikan panen raya padi sawah untuk musim tanam April – September 2019 (MT 2019) seluas 20.354 ha.

Dan capaian sampai bulan juli adalah kurang lebih 16.041 ha atau sudah tercapai 78.81%

Pelaksanaan panen tersebut dihadiri oleh Dandim 0427/wk, kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov. Lampung, Balai Pelatihan Pertanian Lampung (Kementan) selaku penanggung jawab UPSUS Prov. Lampung dan Way Kanan, kepala BPS Kab. Way Kanan.

BACA JUGA  Tingkatkan Pariwisata, Pemprov Kerjasama dengan Grab
IKLAN

Edward menjelaskan, pada bulan agustus adalah seluas 29 ha perkiraan tanam september jika sudah turun hujan adalah seluas 3.356 ha.

“Berdasarkan data tersebut maka luas panen dari bulan juli s.d desember untuk kabupaten Way kanan diperkirakan sebesar 19.626 ha dan diyakini produksi gabah kering panen 96. 559 kg”, ujar dia.

Pada kesempatan tersebut Maulana, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Pertenakan menyatakan bahwa untuk mendukung program Upsus, telah diberikan bantuan sarana dan prasarana produksi dan sarana fisik pertanian kepada para petani.

BACA JUGA  Mau Pekarangan Rumahnya Bermanfaat? Ayo Latihan di BPP Lampung

“Bantuan sarana produksi ini diantaranya benih padi, jagung, kedelai dan pupuk “, ujar maulana dalam sambutannya.

Dia menambahkan untuk kabupaten Way kanan terdapat 9 kecamatan yang diberikan bantuan benih seluas 3.160 ha (79.000 Kg) dengan jenis varitas ciherang dan mekonga yang dilakukan pada waktu tanam bulan maret – april 2019.

Selain itu, untuk bulan april – mei telah diberikan atau disebarkan di 6 kecamatan dengan luasan 3.395 ha (38.225 kg) dengan varitas ciherang. Sedangkan untuk kecamatan bumi agung melalui 2 kegiatan telah mendapatkan bantuan seluas 1.426 ha atau3 5.650 kg.

BACA JUGA  DPRD Provinsi Lampung Mengucapkan HUT Lampung

“Kesuksesan Panen Padi Sawah pada saat ini atas dukungan BPP Lampung terhadap pengawalan dan pendampingan upsus diantaranya dilakukannya beberapa kegiatan pelatihan atau bimtek terhadap penyuluh maupun para petani sehingga para petani bisa dan mampu melakukan usahataninya meski ditengah tengah minimnya air”, ujar Maulana.

“Untuk kecamatan bumi agung sendiri terdapat 31 poktan telah menerima bantuan benih padi sawah varietas ciherang seluas 704 ha atau 17.600 kg yang telah didroping sekitat maret april 2019”,  pungkasnya. (rls/asf)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here