BERBAGI

Bumilampung.com – Keripik Jagung “Tola” merupakan cemilan produk olahan yang berbahan baku jagung, dan tidak perlu bingung mencari bahan baku karena tanaman jagung merupakan Tanaman yang ada di Balai Pelatihan Pertanian Lampung.

“Camilan yang satu ini termasuk camilan yang mengenyangkan dan juga menyehatkan jadi tidak heran jika diminati oleh generasi milenial, dengan kemasan dan bentuk cukup menarik dan dipasarkan dengan harga Rp.15 ribu dengan komposisi 250gram”, ujar Dadan Sunarsa Kepala Balai Pelatihan Pertanian Lampung.

Dadan menambahkan bahwa BPP Lampung sudah memproduksi TOLA mulai tahun 2018, pada tahun ini pemasaran Keripik Jagung TOLA yang mulanya hanya sebatas pegawai kini TOLA dipasarkan sebagai oleh-oleh peserta pelatihan juga oleh-oleh tamu yang hadir di BPP Lampung.

BACA JUGA  BPP Lampung bersama SMK PP Negeri Sembawa Launching Bimtek Peningkatan Kompetensi KSTM
IKLAN

Dari segi produksi, produksi keripik jagung yang satu ini terbilang simpel dan mudah per minggunya Lab. Pengolahan Hasil BPP Lampung memproduksi berkisar 10 Kg, sedangkan jika ada peserta pelatihan berkisar 60 orang rutin kami melakukan produksi hingga 30 Kg.

Meskipun dengan menggunakan alat produksi yang canggih akan menghasilkan keripik jagung yang banyak dan simpel namun keripik yang satu ini juga bisa anda buat dengan menggunakan alat manual yang ada di Laboratorium Hasil Pengolahan BPP Lampung.

BACA JUGA  Refugia dan Barir, Alternatif Menyelamatkan Tanaman dari Hama dan Penyakit

Tanaman jagung yang merupakan sumber karbohidrat dan mengandung antioksidan alami serta vitamin A merupakan bahan pangan utama, alternatif beras.

Jagung juga mengandung omega 3 yang baik untuk program diet rendah kolestrol, serta memiliki serat kasar yang berguna dalam memperlancar proses pencernaan.

Dadan mengharapkan proses pemasan sudah terdaftar di aplikasi Go Food dan Suermarket diantaranya Alfamart dan Indomart, bekenaan dengan hal tersebut BPP Lampung mulai mendaftrakan prodak olahan diantaranya TOLA (Keripik Jagung) dan EMPILAI dalam perizinan edar.

BACA JUGA  Mendidik Anak Bukan Sekadar Menyekolahkan

Rahmat, salah satu peserta teknik budidaya tanaman organik membenarkan bahwa “TOLA” yang di produksi laboratorium pengolahan hasil yang ada di BPP Lampung cukup enak dan gurih, saya selama dalam pelaksanaan pelatihan selalu beli di Koperasi BPP Lampung sebagai cemilan disaat santai. (rls/asf)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here