BERBAGI

bumilampung.com – Lampung menjadi salah satu propinsi dengan prospek dan pengembangan pertanian yang baik, Kementerian Pertanian pun berupaya memberikan penguatan melalui kegiatan Kostratani.

Hal tersebut disampaikan Dadan Sunarsa, Kepala Balai Pelatihan Pertanian Lampung dalam Rapat Penetapan Target dan Percepatan Kegiatan Tanaman Pangan Tahun Anggaran 2020 Provinsi Lampung di Hotel Novotel Lampung, Kamis (27/2/2020).

Dihadapan ratusan penyuluh dari 212 BPP di 15 Kabupaten/kota yang ada di Provinsi Lampung, Dadan menyampaikan, penyuluh pertanian perlu diperkuat karena mereka adalah ujung tombak dan merupakan faktor penting kesuksesan pertanian.

BACA JUGA  Tak Terbukti Benar, Pelapor Dugaan Korupsi DD Kades Tanjung Kerta Cabut Laporan di Inspektorat

“Oleh karena itu kegiatan Kostratani hadir guna mendorong optimalisasi peranan, tugas dan fungsi penyuluh yang ada di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dalam menggerakan pembangunan pertanian di tingkat kecamatan,” katanya.

Dadan menambahkan, Kostratani atau Komando Strategis Pembangunan Pertanian merupakan terobosan yang dilakukan sebagai upaya pengembangan sektor pertanian dari hulu hingga hilir, sehingga tercipta ekosistem pertanian modern berbasis sains dan TIK melalui pemberdayaan penyuluh.

BACA JUGA  Ada Yang Baru di Wisata Lembah Hijau, Penasaran?, Langsung Aja Kesini

Diharapkan penyuluh dapat mendorong petani untuk lebih adaptif terhadap inovasi teknologi pertanian, juga mampu berinteraksi dengan pemanfaatan perkembangan teknologi informasi terutama melalui media sosial.

“ Peningkatan kompetensi penyuluh pertanian dan penguatan sarana prasarana di Balai Penyuluhan Pertanian akan terus dilakukan oleh Kementrian Pertanian terutama di tahun 2020 ini. Balai Pelatihan Pertanian Lampung sebagai salah satu UPT dari Kementrian Pertanian siap menyediakan pelatihan bagi 1,783 orang disepanjang tahun ini,” katanya.

BACA JUGA  Ketua DPRD Metro Coba Pakai Baju Pelindung Coper All Copid-19

“Mari kita perkuat struktur dan dukungan bagi petani agar pertanian kita maju, mandiri dan modern,” tambahnya.

Direktur Jendral Tanaman Pangan Dr.Ir.Suwandi, Msc turut hadir dalam kegiatan ini, serta Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Lampung Bapak Ir.Kusnardi M.Agr.ec, dan Direktur pembiayaan PSP(Ir. Indah Megawati) turut memberi penguatan terhadap pertanian Lampung. (rls/asf)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here