BERBAGI

LAMPUNG UTARA-Sekurangnya 642 kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) pada awal April 2019 telah selesai perekaman dan pencetakan dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lampung Utara (Lampura), guna kepentingan Pemilu 2019 yang tidak lama lagi akan dilaksanakan.

Kepala Disdukcapil Lampura, Maspardan menjelaskan, meskipun hari libur, pihaknya tetap menjalankan tugas sesuai arahan dari pemerintah pusat. “Sesuai arahan Kemendagri, hari libur pun kita masih melaksanakan perekaman. Itu dilaksanakan sampai dengan hari H pencoblosan, Rabu (17/4) mendatang, agar mereka yang belum terdaftar dapat menyampaikan suaranya di TPS,” jelasnya ketika ditemui diruang kerjanya, Senin (8/4).

BACA JUGA  Sambut HUT RI KE-73 Nanang Ermanto Lepas Peserta Kegiatan Pawai Ta' Aruf

Dikatakannya, berdasarkan data yang ada hingga kini, capaian pencetakan KTP-el di Lampura telah melebihi target yakni 448.099 (104,2%) dari 429.913 wajib KTP. Sementara jumlah penduduk berdasarkan data Kemendagri sebanyak lebih dari 616 ribu orang. “Itu target dari pemerintah pusat, dan kita telah melebihi target yang harus dicapai,” katanya.

IKLAN

Sedangkan, terkait tanda tangan elektronik, diungkapkan Maspardan, hingga kini pihaknya masih belum menerapkan. Pasalnya, untuk dapat diterapkan maka pasilitas harus dipersiapkan terlebih dahulu.
“Untuk saat ini masih terkendala infrastrukturnya, kita targetkan pada 2020 akan direalisasikan. Sebab, untuk membangun insfrastruktur dibutuhkan dana tidak sedikit, setidaknya menyediakan lebih dari setengah miliar,” pungkasnya. (sab/een)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here