BERBAGI

Lampung Utara-Dinas Pertanian dan peternakan Kabupaten Lampung Utara (Lampura), akan melakukan pemeriksaan hewan Qurban sapi dan kambing, di sejumlah kandang peternak dibeberapa daerah di Kabupaten setempat, jelang Hari Raya Idul Adha tahun 2019 ini. Upaya tersebut
dilakukan guna memastikan hewan ternak layak atau tidak layak untuk diperjualbelikan.

Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian Kabupaten Lampura, Yuli Endratmoko mengatakan, pihaknya akan menerjunkan tim ke beberapa titik lokasi pusat peternak hewan untuk memeriksa seluruh kondisi ternak yang ada di Kabupaten setempat. Nantinya tim yang akan diterjunkan, terdiri dari tim kesehatan hewan yang meliputi dokter hewan dan sisanya merupakan paramedis kesehatan hewan (keswan) dimiliki dinas pertanian Lampura.

BACA JUGA  Olahan Toga Jahe Merah, Minuman Kaya Khasiat dari KWT Laksar Wanita Mandiri

“Nanti kita akan turunkan tim dimulai mulai H-10 jelang idul adha tiba. Sehingga nantinya hewan ternak yang akan dikurbankan oleh warga benar-benar layak untuk dijadikan hewan kurban,”ujarnya, Rabu, (24/07).

Dikatakannya, untuk memastikan hewan kurban benar-benar layak dikonsumsi dan dibeli, sesuai tahapan dan prosedur maka pihaknya akan memulai lakukan pemeriksaan dikandang hewan ternak yang sudah siap untuk dijual. Setelah itu, petugas akan lakukan pemantauan dipasar hewan, dan melaksanakan pengecekan dilapak-lapak hewan ternak.

BACA JUGA  Upacara Teleconference, Peringatan Hari Jadi Kota Metro ke-83

“Petugas kesehatan hewan nanti akan memantau ke lapangan untuk mengecek kesehatan hewan yang akan dijadikan hewan kurban,” katanya.

Selain itu, tambah dia, setiap petugas dalam tugasnya akan memberikan tanda berupa kalung berwarna hijau untuk hewan kurban yang layak dan kalung merah untuk hewan ternak yang tidak layak di masing-masing kandang peternak maupun lapak yang tiap tahunnya menjual hewan ternak.

BACA JUGA  Desa Tulung Balak Anggarkan 124 juta Untuk Bumdes

“Harapannya agar masyarakat bisa lebih waspada dalam memilih hewan kurban yang benar-benar dalam kondisi sehat,” tambahnya.

Dijelaskan yuli, Pemeriksaan hewan ternak yang akan dijadikan hewan kurban telah menjadi agenda rutin tahunan yang dilakukan Dinas Pertanian Kabupaten Lampura.
Ini kita lakukan dalam rangka menghadapi Hari Raya Idul Adha tahun 2019 ini, dengan harapan tidak ditemukannya hewan ternak yang dijual dalam keadaan tidak layak, “pungkasnya (sab/Red1).

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here