BERBAGI

Bandar Lampung – Halaman Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Provinsi Lampung tampak meriah dengan kibaran bendera-bendera putih dengan logo bulan sabit merah di tengahnya dan tulisan hijau berbunyi Bulan Sabit Merah Indonesia dalam Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab.

Kemeriahan itu mengiringi kegiatan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) melantik Dewan Pengurus Provinsi Lampung (DPPRov) dan Dewan Pengurus Kab/Kota (DPKab/DPKot) se Provinsi Lampung di Aula Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Provinsi Lampung, Jl. Soekarno Hatta No.7 Bandar Lampung (15/1).

Sekitar delapan puluhan orang pengurus BSMI mengikuti prosesi tersebut.

Pengukuhan Dewan Pengurus Provinsi Lampung dilakukan oleh Ketua Umum Bulan Sabit Merah Indonesia, Muhammad Dzajuli Ambari, S.K.M, M.Si. didampingi Sekretaris Jenderal, Muhammad Rudianto.

Gubernur Lampung diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum, Dr. Senen Mustakim, S.Sos., M.Si. hadir dalam acara itu dan menandatangani naskah pelatikan sebagai saksi bersama dengan Wakil Ketua MUI Lampung, ( C). KH. Dr. (C) Suryani M. Nur, S.Sos., M.M.
Pengukuhan ditandai dengan pengucapan janji pengurus dan penyerahan SK Kepengurusan dari Ketua Umum BSMI kepada Ketua Dewan Pengurus Provinsi Lampung, Ns. Mi’roji, S.Kep. M.Kes.

BACA JUGA  Drs. HM. Thabrani Daud Resmi Jadi Nama Jalan

Sementara itu, Wakil Ketua MUI Lampung menyerahkan Bendera Pataka dan Asisten III Gubernur memakaikan atribut berupa rompi BSMI kepada Ketua DPProv BSMI Lampung.
Gubernur Lampung, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten III, menyampaikan apresiasi atas kerja-kerja sosial yang telah dilakukan oleh BSMI Lampung. Lebih lanjut Gubernur mengajak BSMI dan seluruh lembaga kemanusiaan lainnya untuk mengambil peran bahu membahu bersama Pemerintah Provinsi Lampung dalam melakukan sosialisasi, edukasi dan mitigasi bencana di Provinsi Lampung.
Usai dilantik, Ketua Dewan Pengurus Provinsi Lampung BSMI Lampung mengukuhkan, Ns. Mi’roji, S.Kep., M.Kes, didampingi oleh Sekretaris Umum, M. Hafidz Juaini, S.Ag., M.M. mengukuhkan Dewan Pengurus Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung yang diwakili oleh pengurus inti dari masing-masing DPKab/DPKot.

Raker dan DiklatPim

Setelah rangkaian acara pelantikan, Dewan Pengurus Provinsi BSMI Lampung melaksanakan rapat kerja yang dihadiri oleh seluruh bidang dan deputi serta pengurus inti dari DPKab/DPKot di Provinsi Lampung. Rapat kerja dibuka oleh Asisten III Gubernur, Dr. Senen Mustakim, S.Sos., M.M. ditandai dengan pemukulan gong.

BACA JUGA  Pemprov Terus Lengkapi Sarana Prasarana Bandara Raden Inten II

Sehari sebelumnya (14/1), pengurus DPProv dan DPKab/DPKot yang dilantik mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Pimpinan (DiklatPim) yang dilaksanakan secara offline dan online dari Aula Bapelkes Provinsi Lampung. Materi diklat meliputi, sejarah dan Lambang BSMI, nilai-nilai perhimpunan, AD/ART, manajemen organisasi dan kehumasan.

Adapun narasumber dari Dewan pengurus pusat yang hadir langsung dari Bapelkes adalah M. Djazuli Ambari, S.K.M., M.Si., Muhammad Rudianto dan Hafidz (Humas DPN BSMI). Sementara itu narasumber yang menyampaikan materi secara online melalui media zoom meeting adalah Ketua Majelis Pertimbangan Anggota, Dr. dr. DR.dr.Basuki Supartono, S.p.OT.MARS dan dr. Prita Kusumaningsih.

Bulan Sabit Merah Indonesia adalah lembaga nirlaba yang bergerak di Bidang Kemanusiaan. Kiprah BSMI yang didirikan dalam bentuk Yayasan pada tahun 2002 dan berubah menjadi Perhimpunan pada tahun 2007 telah banyak dirasakan oleh masyarakat baik nasional maupun internasional.

Muhammad Djazuli Ambari berharap agar para pengurus di DPProv maupun DPKab/DPKot yang mengikuti Diklat, Pelantikan dan Rapat Kerja dapat menjadi pelopor kegiatan-kegiatan kemanusiaan untuk membantu masyarakat dan bersinergi dengan pemerintah.

BACA JUGA  Telkomsel Resmikan Mini GraPARI di Natar, Lampung

“Semoga BSMI Lampung dapat menjadi salah salah contoh yang baik bagi BSMI di daerah lain”, ungkapnya.

Mi’roji selaku Ketua DPProv BSMI Lampung menyampaikan bahwa seluruh jajaran pengurus DPProv BSMI Lampung akan berupaya bekerja optimal dalam memberikan sumbangsih bagi kegiatan-kegiatan pelayanan kemanusiaan, sehingga kehadiran BSMI benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyakarat. Mi’roji juga menambahkan bahwa BSMI Lampung berusaha untuk terus berkiprah memberikan kontribusi kepada masyarakat, termasuk di antaranya terjun membantu masyarakat yang ditimpa bencana.

Terbaru, BSMI Lampung juga ikut andil mengirimkan relawan untuk membantu korban banjir di Lampung Selatan dan gempa bumi di Cianjur belum lama ini.

Masyarakat yang ingin mengenal lebih jauh mengenai BSMI dapat mengakses informasi melalui media sosial maupun website resmi BSM yaitu https://bsmi.or.id. BSMI Lampung juga mulai membangun TV Online melalui kanal Youtube.(red).

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here