BERBAGI

bumilampung.com – Penguatan kelembagaan Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) adalah suatu rangkaian untuk memperkuat kelembagaan pelatihan pertanian swadaya melalui kegiatan apresiasi, sosialisasi, fasilitasi, pendampingan kelembagaan, pelatihan/permagangan, pengkaderan, penyuluhan, pengembangan teknologi tepat guna dan promosi.

Dadan Sunarsa, selaku kepala Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Lampung berikan bantuan berupa sarana prasarana upaya meningkatkan kapasitas pada P4S Mitra Mandiri dalam menyelenggarakan dan/atau melaksanakan pelatihan/permagangan bagi petani, dan masyarakat perdesaan di kecamatan Seragi Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel).

Bantuan sarana dan prasarana yang berikan dapat mendorong pengelola P4S untuk meningkatkan kualitas pelatihan/permagangan secara terus menerus, sehingga P4S mampu menjadi pusat pelatihan pertanian yang berkualitas”, ujar Dadan.

BACA JUGA  Asik, BPP Lampung Mau Panen Melon di Bulan Ramadhan
IKLAN

Bantuan sarana prasarana ini diberikan kepada P4S Mitra Mandiri dikarnakan telah memenuhi persyaratan dan indikator dari instrumen yang dilaksanakan oleh BPP Lampung serta telah mengajukan proposal dan sekaligus disetujui oleh Dinas Pertanian di kabupaten Lampung Selatan. Dadan Menambahkan bahwa terdapat dua P4S binaan BPP Lampung untuk wilayah Kabupaten Lampung Selatan yang diberikan SAPRAS diantaranya P4S Hijau Daun dan P4S Mitra Mandiri.

Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Lampung sebagai pembina P4S di seluruh wilayah Provinsi Lampung, Sumatera selatan, Bangka Belitung dan Provinsi Bengkulu tahun ini melaksanakan pembinaan kebeberapa P4S sebagai langkah untuk menumbuh kembangkan kelembagaan P4S.

BACA JUGA  DPRD Beri Saran Ke Pemprov Terkait Adanya Temuan BPK

Pembinaan ini berupa pengawalan dan pendampingan agar Pusat Pelatihan Pertanian Perdesan Swadaya (P4S) menjadi andalan masyarakat tani setempat sebagai tempat ajang belajar, ajang konsultasi serta meningkatkan kemampuan dan menerapkan metodologi pembelajaran dan penyebaran inovasi teknologi terhadap pelaku-pelaku usaha/ utama atau petani yang berada disekitar wilayah P4S.

Dalam mendukung SDM yang unggul diharapkan P4S Mitra Mandiri medapat melaksanakan serangkaian kegiatan pembinaan melalui bimbingan dan pelatihan oleh pembina untuk meningkatkan secara bertahap kapasitas P4S dalam menyelenggarakan dan atau melaksanakan pelatihan/ permagangan kepada generasi milenial.

BACA JUGA  Sukses, Lampung Banjir Jagung

Pada Kesempatan tersebut Gando Suwano selaku Ketua P4S Mitra Mandiri mengucakan rasa syukur atas kepercayaan kepada P4S Mita Mandiri sebagai mitra kerja pemerintah dalam pengembangan Sumber Daya Manusia pertanian, untuk bantuan yang diberikan merupakan Sarana Prasana yang mendukung dalam pelaksanaan pelatihan/permagangan yang selama ini telah kami lakukan.

Diharapkan kedepannya P4S Mitra mandiri meningkatan skala usaha, teknologi, dan diversifikasi produk serta pemasaran, juga dapat mengembangkan jejaring usaha yang diunggulkan, baik berkaitan dengan agribisnis berbasis tanaman pangan, perkebunan, hortikultura, peternakan maupun pertanian terpadu.(rls/asf)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here