BERBAGI

bumilampung.com – Remaja, Genre menjadi tema dari BKKBN Provinsi Lampung Tahun 2019 dalam keikutsertaannya di Pekan Raya Lampung (PRL) PKOR Wayhalim, BandarLampung.

Menurut Nata, Kepala Bidang Kerjasama Pendidikan Kependudukan, bahwa Tema BKKBN  tahun ini adalah Remaja, Genre. Karena tahun ini sekmen yang angkat adalah tentang remaja.

“Ya untuk tahun ini kita ambil tema remaja, genre,” ujarnya kemarin.

IKLAN

Tujuan pendirian stand BKKBN dengan tema Remaja, Genre, yaitu untuk memperkenalkan secara luas khususnya ke masyarakat tentang apa saja program yang ada di BKKBN. Genre, generasi berencana itu seperti apa?.

BACA JUGA  PTPN VII Baksos Donor Darah

“Harapannya dengan adanya program ini masyarakat luas setidaknya tahu tentang apa yang harus direncanakan kedepannya untuk kehidupan,” terang dia.

Program di BKKBN ini, terus dia, bukan hanya program keluarga berencana saja. Akan tetapi, bisa juga dengan tema yang lain seperti tema tahun ini Remaja, Genre, Isu tentang Kependudukan.

“Kepoiin yuk tentang remaja jadi kami memberikan konten-konten yang lebih kearah remaja-remajanya pada saat ini,” ajaknya.

Makanya program BKKPN melahirkan program  genereasi berencana, isu kependudukan jadi tidak salah rumah. Dia berharap remaja itu punya bekal pengetahuan tentang keluarga berencana tapi dengan bahasa-bahasa khas remaja.

BACA JUGA  Dosen Program Studi Biologi Itera Gelar Aksi Bina Kesehatan

“Isu kependudukan kita angkat kenapa? Karena ketika anak-anak muda ini nanti menjadi pemimpin masa depan yang dipikirkan pertama adalah masalah kependudukan. Seperti ketika mencalon bupati kan mereka cenderung  ke fisik nih yang diprioritaskan, perumpaan misalnya kalo saya menang bangun jembatan, kalo saya menang  akan bangun gedung, kalo saya menang aspal jalan.jadi nasib penduduk kita  masukan kedalam isu tragis dalam kabinet-kabinet daerah,” katanya.

Senada dikatakan, G. Renaldi, sebagai Duta Genre Lampung Tahun 2018. Dia menjelaskan bahwa ada beberapa program di BKKBN.

BACA JUGA  Komisi II DPRD Lampung Terima Perwakilan Massa Demo Seluler

“Jadi di program BKKPN itu ada program genre yang terdiri dari subtansi-substansi yang ditawarkan atau diinformasikan. Ada 4 subtansi yaitu kependudukan dan kepembangunan keluarga, tentang kesehatan reproduksi remaja, life skill, tentang penyiapan kehidupan keluarga, jadi 4 subtansi ini yang kita tawarkan dan kita bagikan informasi kepada masyarakat-masyarakat pada umumnya,” tambahnya.

Sasaran-sasaran utama, lanjut dia, yang pastinya remaja-remaja yang ada di Provinsi Lampung dan keluarga-keluarga yang punya remaja tersebut. (san/asf)

 

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here