BERBAGI

Bumilampung.com – Percepatan pembangunan Kelurahan di Bumi Sai Wawai diprediksi dapat terwujud tahun depan.

Menyusul adanya Dana Alokasi Umum (DAU) tambahan khusus dari Pemerintah Pusat untuk kelurahan di daerah se-Indonesia.

Ketua DPRD Metro

Ketua DPRD Kota Metro Anna Morinda menerangkan, Kelurahan di Kota Metro berkesempatan mendapatkan DAU dari pemerintah pusat tahun depan. Menyusul telah dianggarkanya 5 persen sebagai syarat pemerintah daerah untuk mendapatkan DAU tersebut.

BACA JUGA  Tuba Komitmen Jadi Kabupaten Layak Anak
IKLAN

“Jadi jika kita ingin mendapatkan DAU itu pemerintah daerah harus menyiapkan 5 persen pada APBD untuk pendampingan bantuan pemerintah pusat. Dan Kota Metro sudah melakukannya,” jelasnya dikonfirmasi melalui WhatsApp, Kamis (5/12/2018).

Ia menambahkan, DAU tambahan untuk kelurahan ini pun tengah dibahas pada kegiatan Asosiasi Dewan Seluruh Indonesia (ADEKSI) akhir 2019. Yang disampaikan oleh Direktur Kemendagri dan Kemenkeu.

BACA JUGA  Ketua DPRD Kota Metro Dukung Workshop Guru

“Rakor pada ADEKSI kali ini fokus pada menyamakan visi DAU tambahan untuk kelurahan dan proses APBD nya. Diterangkan pada rakor ini bahwa DAU hanya boleh digunakan untuk dua hal, yaitu pembangunan dan pemberdayaan masyarakat,” tambahnya yang tengah mengikuti ADEKSI di Jakarta.

Ia berharap, dengan DAU tersebut kelurahan bisa merencanakan sendiri prioritas pembangunan dan segera di follow up. Sehingga tidak menunggu terlalu lama seperti proyek yang dilaksanakan Dinas PU.

BACA JUGA  Pemkab dan Polres Tuba Gelar Pasar Murah

“Kita sudah menganggarkan untuk kelurahan di Gerbang Sai Wawai. Jika aturan teknis sudah selesai, maka setelah evaluasi gubernur anggaran itu bisa di realokasikan sebagian dana pendamping,” tutupnya. (Adv)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here