BERBAGI
Pelaksanaan Sholat dhuha SDN 03 Bukit Kemuning bersama dewan guru dan para siswa-siswi (foto istimewa)

BUMILAMPUNG.COM– Keluarga besar UPT SDN 03 Bukit Kemuning  Kabupaten Lampung Utara  Gelar Sholat Dhuha Bersama yang diikuti Dewan Guru beserta seluruh siswa-siswi  untuk membentuk/pembinaan akhlak siswa- siswi, tujuannya  agar siswa dapat mengetahui makna sholat dhuha dan mengetahui sejarah agama Islam yang di dakwahkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Kepala UPT SDN 03 Bukit Kemuning Hajah Enni M.Pd mengatakan kegiatan tersebut seluruh siswa wajib mengikuti sholat dhuha dan memperingati hari maulid Nabi Muhammad SAW , yang sebelumnya pihak sekolah telah menghimbauan para siswa  untuk membawa peralatan shalat dari rumah sendiri seperti mukenah bagi siswa perempuan dan melakukan wudhu dirumah, begitu juga para guru dan  ketika semua telah siap, maka shalat dhuha segera dimulai,” katanya.

BACA JUGA  Jembatan Gantung Ancam Nyawa Puluhan Pelajar

Dengan adanya sholat dhuha di SDN 03 Bukit Kemuning kita berharap agar para guru  dan siswa terbiasa melakukan sholat sendiri baik dirumah maupun disekolah, karena siswa sudah mendapat pengetahuan tata cara sholat. “Kalau siswa sudah terbiasa melaksanakan sholat sunnah maka dalam melaksanakan sholat wajibpun akan terasa ringan,” ucapnya.

Hajah Enni M.Pd menambahkan dalam sambutannya, mengingatkan akan kematian setiap mahluk yang bernyawa akan mati, setiap manusia akan meninggal baik anak-anak, muda, tua akan meninggal, tinggal mengunggu waktunya dipanggil oleh yang maha kuasa, kematian adalah rahasia Allah SWT Maka berbuat amal sholehlah untuk bekal menuju surganya Allah SWT.

BACA JUGA  Bawaslu Pesawaran Ajak Organisasi Profesi Jurnalis Sukseskan Pemilu

Setelah sholat dhuha selesai di lanjutkan dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, berkaitan dengan peristiwa kelahiran Rasulullah SAW. Maulid Nabi Muhammad SAW diperingati setiap tahun untuk mengenang perjuangan Rasulullah SAW semasa hidupnya.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Agama, Maulid Nabi Muhammad SAW adalah kegiatan memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW dengan tujuan mengenang kembali sejarah dan perjuangan hidup Rasulullah SAW. Peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awwal dalam kalender Hijriah.

BACA JUGA  Rekrutmen Pendamping PKH Cacat Hukum

Maulid Nabi berasal dari dua kata bahasa Arab yakni Maulid dan Nabi, kata Maulid artinya sama dengan kata milad yang berarti “lahir” atau “kelahiran”, sedangkan kata Nabi yang dimaksud adalah Nabi Muhammmad SAW. Dengan demikian, Maulid Nabi Muhammad SAW berarti memperingati hari lahir Rasulullah SAW.

Editor Habibi Adi Putra

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here