BERBAGI

Ketua PSSI Lamsel, didampingi, Pelatih sepak bola Lamsel Mainika Dwi Setiawan, memberikan arahan kepada para peserta seleksi sepak bola Timnas U-16 dan U-19, yang dilaksanakan di lapangan sepakbola Radin Intan Kalianda Lamsel ( poto Ferdi).

BUMILAMPUNG.COM, – Sebanyak 118 peserta dari sejumlah  wilayah di Kabupaten Lampung Selatan, mengikuti seleksi sepakbola untuk Timnas Indonesia U-16 dan U-19, yang di laksanakan di Stadion Radin Inten II Kalianda, Rabu (03/03/2021).

Penjaringan para pemain yang dipersiapkan untuk Timnas itu dilakukan oleh Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Lampung Selatan, tentusaja dengan tetap  menerapkan protokol kesehatan.

IKLAN

Menurut remcana hasil dari seleksi yang dilakukan PSSI Lamsel tersebut nantinya akan direkomendasikan untuk mengikuti seleksi Timnas di tingkat Provinsi.

Ketua Askab PSSI Lamsel, Wawan Nur Ikhsan mengungkapkan, dilaksanakan seleksi itu, sesui  surat dari Asprov PSSI Lampung Nomor : 032/PSSI-LPG/II-2021 prihal pembentukan tim seleksi dan pelaksanaan seleksi di tingkat Askab/Askot se-Provinsi Lampung.

BACA JUGA  Pelaksanaan APBD Lamsel Tahun 2019 jadi Perda, Di Setujui DPRD

Askab PSSI Lamsel sendiri diminta untuk mengirimkan 8 pemain berpotensi, masing-masing 4 pemain U-16 dan 4 pemain U-19. Kedelapan pemain hasil dari seleksi itu nantinya bakal kembali mengikuti seleksi timnas di tingkat Provinsi.

“Dari hasil seleksi ini kita tetapkan dulu 8 pemain yang menonjol. Mereka yang lolos bakal kembali mengikuti seleksi Timnas di tingkat provinsi. Jika lolos di tingkat Provinsi, kemudian diikutsertakan untuk seleksi di tingkat Nasional. Jadi perjalanan ini masih panjang,” kata Wawan Nur Ikhsan.

Lebih jauh Pria yang akrab disapa Bagonk ini menjelaskan, bahwa seleksi yang di gelar kali ini,  merupakan hasil dari penjaringan yang sebelumnya sudah dilakukan oleh club  di tingkat Kecamatan.

“Mereka yang hadir hari ini, sebelumnya sudah mengikuti penjaringan di tiap kecamatan masing-masing. Itu kita lakukan untuk mempermudah penyeleksian ditingkat Kabupaten,” jelas bagonk.

BACA JUGA  KUPT Pasar Inpres Kalianda, Ella Agustianus Ingatkan Pedagang Agar Selalu Jaga Kebersihan

Sementara itu, pelatih berlisensi D PSSI, Mainika Dwi Setiawan, mengaku tidak menduga  antusiasnya para peserta yang hadir. Dimana peserta yang hadir kata Dwi sapaan akrabnya,  melebihi target.

“Luar biasa yang hadir, ini menunjukkan, kalau peminat  olahraga sepak bola dari kalangan anak  muda di Lampung Selatan cukup tinggi antusiasnya,” cetus Dwi.

Dwi menjelaskan dari seleksi yang dlakukan, pihaknya lebih melihat pada sisi performance dan endurance para pemain. Hal itu menyesuaikan dengan kriteria yang sudah ditentukan oleh Asprov PSSI.

“Yang pasti penilaian ini sudah kita lihat di lapangan, postur tubuh juga termasuk menjadi persayaratan yang penting. Dan yang lebih penting lagi seleksi ini kita lakukan secara profesional,” pungkasnya.

Adanya seleksi para pemain U-16 dan U-19 yang dilakukan Akab PSSI Lamsel itu mendapat apresiasi Ketua Umum KONI Kabupaten Lampung Selatan, H. Rudi Apriadi KM, S.Sos.

BACA JUGA  Bupati Lamsel Salurkan 10 Ton Beras Untuk Anak Yatim di Wilayah Lamsel

Rudi yang hadir melihat seleksi itu,  berharap hasil seleksi pemain U-16 dan U-19 bisa menjadi tolak ukur  perkembangan pemain-pemain muda yang di miliki kabupaten lamsel.

Menurut dia, sangat pas jika momen ini dijadikan sebagai talent scouting bagi PSSI selaku organisasi yang menaungi dunia sepak bola.

“Kita harap PSSI bisa serius, karena ini proses seleksi. Selesai di sini, lanjut ke provinsi, setelah itu timnas. Kita tidak boleh main-main,” katanya.

Dikatakannya, bahwa KONI Lampung Selatan, akan selalu mendukung kegiatan PSSI. Induk organisasi olahraga ini akan selalu hadir memantau tahapan seleksi pemain-pemain muda yang dinilai memiliki potensial. Apalagi jika langkah yang dilakukan demi perkembangan sepak bola di Bumi Khagom Mufakat.

<span;>”Kita akan selalu mendukung. Harapan anak-anak ini adalah harapan kita, semoga mereka berhasil masuk seleksi di tingkat nasional,” katanya. (Frd/Lim).

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here