BERBAGI

BUMILAMPUNG.COM – Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto meresmikan Pasar Desa Muara Putih di Kecamatan Natar, pada Minggu (26/9/2021).

Bupati Nanang Ermanto hadir bersama Pelaksana tugas (Plt) Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Ekobang) Muhadi beserta sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan.

Tiba di lokasi acara, Nanang Ermanto dan rombongan disambut dengan Pencak Silat Tapak Suci dan Tari Sigeh Penguten yang diperagakan muda-mudi Desa Muara Putih.
Peresmian pasar desa tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti pasar dan pengguntingan pita secara simbolis oleh Bupati Lampung Selatan didampingi Asisten Ekobang, Camat Natar dan Kepala Desa Muara Putih.

IKLAN

Kepala Desa Muara Putih, Imron menjelaskan, pasar desa yang terletak di Dusun Sidomukti, Desa Muara Putih itu, dibangun menggunakan Dana Desa (DD) tahun 2020 dan tahun 2021.

BACA JUGA  Kayu Jati Hasil Sitaan KPH XIII Lamsel Banyak Raib

“Karena lahan desa yang memadai untuk pembangunan pasar hanya di Dusun Sidomukti, Desa Muara Putih ini. Kami berharap pak bupati bisa meresmikan penggunaan pasar desa kami,” kata Imron saat menyampaikan laporannya.

Sementara itu, setelah diresmikan, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto berharap keberadaan tersebut dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Desa Muara Putih dan sekitarnya.

“Selamat kepada masyarakat Desa Muara Putih yang sudah memiliki pasar sendiri. Saya optimis keberadaan pasar ini akan meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat Desa Muara Putih dan sekitarnya,” ujar Nanang Ermanto dalam sambutannya.
Dalam kesempatan itu, Nanang juga mengingatkan masyarakat khususnya pedagang dan pembeli di Pasar Desa Muara Putih untuk tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.

BACA JUGA  Komisi IV DPRD Lamsel Sorot Penambahan Anggaran di Sejumlah OPD

“Alhamdulillah kita berada di level 2. Sehingga kita bersama-sama bisa meresmikan pasar ini. Setelah dibuka saya minta masyarakat yang melakukan jual beli di pasar ini untuk tetap mematuhi protokol kesehatan,” imbuhnya.
Lebih lanjut Nanang menyampaikan, saat ini banyak sekali tempat perbelanjaan yang modern, seperti hypermarket, supermarket, dan ritel modern lainnya.
Namun demikian menurutnya, keberadaan pasar tradisional masih lebih banyak diminati oleh masyarakat untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari.
“Kita sangat prihatin dengan semakin banyaknya pasar-pasar modern. Untuk itu saya minta masyarakat tetap mengedepankan berbelanja di pasar tradisional,” tuturnya.

Nanang juga berharap, masyarakat Desa Muara Putih dapat manfaatkan pasar tradisional itu dengan sebaik-baiknya. Seperti dengan menjaga kebersihan, kerapihan, keamanan dan kenyamanan pasar. Sehingga layanan kepada publik menjadi lebih optimal.

BACA JUGA  Polisi Mulai Perketat Arus Pintu Masuk Pelabuhan Bakauheni

Nanang juga menyebut, bahwa Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan akan membantu peralatan kebersihan untuk masyarakat Desa Muara Putih.

“Pesan saya, jaga dan rawat dengan baik. Beri kemudahan kepada para pedagang. Karena pembangunan pasar ini dari uang rakyat dan untuk rakyat. Gunakan asas musyawarah dan mufakat untuk pembangunan kita,” tandasnya.

Sementara, setelah meresmikan Pasar Desa Muara Putih, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto juga meresmikan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Penyandang Disabilitas (PD) Sahabat Jiwa yang berada satu desa dengan Pasar Desa Muara Putih. (Kmf/Lim)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here