SHARE

LAMSEL – Liaison Officer (LO) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Marsekal Muda TNI (Purn) Nazirsyah melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lampung Selatan.

Kunjungan utusan Gugus Tugas Covid-19 Pusat itu dalam rangka sinergitas dan monitoring Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di daerah.

Pertemuan LO BNPB  dengan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lampung Selatan, berlangsung di Posko Gugus Tugas Covid-19 yang berada di rumah dinas bupati setempat, Jumat (20/5/2020).

IKLAN

Diawali audiensi yang dipimpin Sekretaris Daerah, Thamrin, Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Lampung Selatan, dr. Jimmy Baggas Hutapea, MARS memaparkan perkembangan penanganan wabah virus korona di Lampung Selatan.

BACA JUGA  Harga Gas Elpiji 3 Kg Di Lamsel Tinggi, Nanang Ermanto Sidak Pangkalan dan Pengecar

Mulai dari pendirian posko pemeriksaan kesehatan di setiap pintu masuk atau check point Pelabuhan Bakauheni, pembagian bantuan paket sembako, hingga peran perusahaan dalam membantu pemerintah menangani wabah Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Jimmy juga menyampaikan perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Lampung Selatan sampai dengan tanggal 21 Mei 2020.

Jimmy menjelaskan, pemeriksaan Rapid Test telah dilakukan terhadap 531 orang dengan hasil reaktif 10 orang dan non reaktif sebanyak 521 orang.

“Rapid Test dilakukan pada saat kontak tracing di wilayah Kecamatan Kalianda, Candipuro, Jati Agung, Natar, dan Sidomulyo. Untuk yang reaktif sudah dilakukan swab, dan tinggal menunggu hasilnya,” terang Jimmy.

BACA JUGA  Malam Tahun Baru 2019 Taman Rekreasi Gor Way Handak Di Resmikan

Lebih lanjut Jimmy menerangkan, dari hasil pemeriksaan PCR terhadap 39 orang yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Tanpa Gejala (OTG) didapati hasil konfirmasi positif 13 orang, negatif 13 orang, dan masih menunggu hasil 13 orang.

Dimana kata dia, saat ini jumlah OPD sebanyak 441 orang, masih dalam pemantauan 13 orang, serta selesai dipantau sebanyak 428 orang.

Kemudian, jumlah PDP total 18 orang, masih dirawat 5 orang, negatif 12 orang, serta meninggal 1 orang. Selanjutnya, jumlah OTG 35 orang, masih dalam proses pemantauan 8 orang dan selesai pemantauan 27 orang.

“Jumlah konfirmasi positif sebanyak 13 orang, isolasi mandiri 7 orang dan sembuh 6 orang. Berdasarkan lokasi di Kecamatan Jati Agung 5 kasus, Kecamatan Natar 6 kasus, dan Kecamatan Kalianda 2 kasus,” ungkap Jimmy.

BACA JUGA  Pemkab Lamsel Dapat Formasi CPNS 2018, Segini Jumlahnya

Sementara, LO BNPB Marsekal Muda TNI (Purn) Nazirsyah mengatakan, dirinya bertugas di Lampung sebagai penghubung kemudian mengoordinasikan percepatan penanganan Covid-19 antara pusat dan daerah.

Selain itu, pria yang lahir dan besar di Tanjung Karang ini mengatakan, kunjungannya juga dalam rangka memfasilitasi percepatan penanganan Covid-19 di Provinsi Lampung.

“Intinya saya datang ke Lampung untuk memfasilitasi dan mengoordinasikan antara daerah dan pusat. Kadang ada saja hambatannya, ini yang perlu kita koordinasikan,” kata Purnawirawan TNI Angkatan Udara bintang dua ini. (kmf/Red1).

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here