BERBAGI

NATAR-Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Thomas Amrico, S.STP, MH murka. Ini lantaran pada saat acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) PGRI dan Hari Guru Nasional Kecamatan Natar, Lamsel, Sabtu (21/11/2020) banyak kepala sekolah (Kepsek) maupun guru yang tidak hadir. Sehingganya acara yang dipusatkan di SDN 1 Rulung Raya, Natar ini minim peserta dari kalangan kepsek maupun guru.

”Pak koorwil, tolong catat siapa saja kepala sekolah yang tidak hadir hari ini. Saya tunggu sampai hari Senin (23/11) datanya,” kata Thomas Amrico mengawali sambutan pada acara tersebut.

Acara seperti ini, lanjut Thomas Amrico sudah kedua kali yang ia hadiri. Sebelumnya di desa Tanjungsari, Natar juga demikian. Kepala sekolah maupun guru yang hadir hanya itu itu saja. Sementara Kepsek maupun guru di Natar sangat banyak. Ini menunjukan kepsek maupun guru di Natar tidak kompak.

BACA JUGA  Korupsi, Pejabat Pesawaran Jadi DPO
IKLAN

”Bilang sama Kepsek yang tidak aktif, mau mundur atau dimundurkan,” tegasnya.

Dalam acara tersebut Thomas Amrico berpesan kepada seluruh guru untuk bisa merubah karakter siswa. Tahapannya ada tiga, pertama lakukan kegiatan positif, kedua menjadi habit (kebiasaan) dan ketiga menjadi karakter.

”Contohnya, lakukan kepada siswa maupun anak di rumah, hafalan surat surat pendek Al Qur an (juz ama). Lakukan secara rutin. Kalau sudah rutin, akan menjadi habit (terbiasa) anak tersebut. Kalau sudah jadi habit, anak akan merasa sesuatu yang hilang kalau tidak melakukan kegiatan tersebut,” bebernya.

BACA JUGA  Bupati Tuba Raih Penghargaan dari 7 Sky Media Award

Ia juga menjelaskan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka rencananya dilakukan bulan Januari 2021. Ini sesuai petunjuk Menteri Pendidikan, Nadiem Anwar Makarim. Untuk Lamsel saat ini masuk berstatus zona oren.

Untuk ujian nasional tahun 2021 beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun depan kita gunakan assesment nasional. Siswa yang melakukan ujian hanya sampel saja. Tidak seluruh siswa. Sistem ujian tahun depan, siswa harus memiliki analisis yang sangat keras. Untuk itu, kepala sekolah maupun guru harus mensiapkan dari sekarang.

Sementara ketua PC PGRI Natar, Lamsel, Kusyoto, S.Pd dalam sambutannya menyatakan kalau kegiatan HUT PGRI dan Guru Nasional Kecamatan Natar tahun ini dilaksanakan sesederhana mungkin. Ini lantaran adanya musibah nasional yakni pendemi Covid 19.

BACA JUGA  Bupati Parosil Melepas Pendistribusian Rastra

”Kegiatan hari ini, kita melibatkan guru dari PG TK, PAUD, SD maupun SMP. Termasuk hadiah dan doorprize yang kita berikan hari ini merupakan sumbangan dari guru dan kepala sekolah di kecamatan Natar,” terangnya.

Diketahui, pada acara HUT PGRI dan Guru Nasional Kecamatan Natar, tadi siang PC PGRI Natar menggelar beberapa kegiatan. Selain melakukan senam bersama, juga dilanjutkan bersepeda santai atau gowes bareng.

Rute gowes bersama tersebut menempun jalur sekitar 7 kilometer. Turut gowes Kepala Dinas Pendidikan Lamsel, Thomas Amrico, anggota DPRD Lampung Wahrul Fauzi, Ketua PGRI Lamsel, Wardani, ketua PC PGRI Natar, Lamsel, Kusyoto dan dari unsur kepala sekolah maupun guru se Kecamatan Natar.(een)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here