BERBAGI

Bumilampung.com – Tim Gugus Covid-19 Kecamatan bersama Unsur Pimpinan Kecamatan (Uspika) Kalianda, menggelar razia masker di kalangan masyarakat, dalam rangka mencegah penyebaran di wilayah kecamatan kalianda Minggu (06/09/2020)

Kegiatan yang dikomandoi oleh anggota Kodim 0421/LS itu juga melibatkan sejumlah unsur anggota lainnya, diantaranya anggota Kepolisian sektor (Polsek) Kalianda, anggota Sat Pol PP, dan juga petugas Puskesmas kecamatan setempat.

Adapun lokasi yang menjadi sasaran pada razia itu diantaranya, Pasar Inpres, Dermaga Bom, dan wilayah wisata pantai Merak Belantung, Kecamatan Kalianda. Hal itu dilakukan kepada mereka (masyarakat) yang tak menggunakan masker.

BACA JUGA  Karena Dana Dinkes Kota Bumi Terbatas, Desa Dan Kelurahan Lakukan Poging Pakai Dana Sendiri

Razia tersebut dilakukan untuk menerapkan masyarakat dalam Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dengan menjalankan protokol kesehatan 3M, yakni menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Kegiatan ini intinya kita hanya mengimbau ataupun mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu pakai masker,” ujar Camat Kalianda, Zaidan, yang juga turut andil dalam kegiatan tersebut.

Menurut Zaidan, kegiatan ini sebagai langkah upaya pencegahan penyebaran covid-19 diwilayah setempat. Sementara dari kegiatan itu, pihaknya hanya menemukan sedikit masyarakat yang tidak menggunakan masker.

BACA JUGA  Aksi Pencurian Sepeda Motor Di Wilayah Kota Kalianda Kian Marak

“Alhamdulillah, dari sekian banyak yang kita lihat, hanya beberapa saja yang tidak menggunakan masker. Artinya masyarakat ini memang sudah menyadari akan hal itu, mereka rata-rata sudah siap,” kata Zaidan.

Sementara untuk mereka yang tidak menggunakan masker, lanjut Zaidan, pihaknya hanya memberi tindakan sanksi sosial, seperti pembacaan teks pancasila dan menyanyikan lagu kebangsaan tanah air.

BACA JUGA  Sukses Ciptakan Pakan Ternak Dari Sampah, Sertu Zulkarnaen Terima Penghargaan Dari Danrem

“Jadi mereka yang tidak menggunakan masker hanya kita berikan sanksi sosial saja sebagai kenang-kenangan, supaya tidak lupa lagi. Bahkan dari razia itu tadi kita juga menemukan salah satu anggota TNI yang tak mengenakan masker, dan dia menyadari itu karena lupa, jadi beliau kita suruh push-up aja tadi,” pungkasnya.

Perlu diketahui, kegiatan dalam mendisiplinkan masyarakat untuk mengenakan masker ini, akan terus kembali dilakukan. Hal itu bertujuan untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan. (Frd)

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here